Arti Centang Biru, Emas, dan Abu-Abu di Twitter Beserta Biaya Langganannya
Ilustrasi tanda centang biru, emas, dan abu-abu di Twitter (foto: Dok Twitter Inc)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Twitter pada Sabtu 10 Desember 2022 memperkenalkan tiga warna tanda centang akun, yakni biru, emas dan abu-abu. Lantas, apa arti centang biru, emas, dan abu-abu di Twitter?

Sebelumnya, jejaring media sosial berlogo burung biru itu hanya mempunyai satu warna akun centang atau terverifikasi, yakni warna biru. Akan tetapi, setelah Twitter diambil alih oleh Elon Musk, mereka mulai meluncurkan tanda centang dengan warna berbeda.

Tanda centang biru bisa didapatkan dengan berlangganan Twitter Blue seharga 8 dolar per bulan.  Dulu, tanda centang ini bisa didapatkan secara gratis.

Kendati demikian, layanan Twitter Blue sempat dihentikan karena banyak akun palsu yang berlangganan untuk menyamar sebagai figur publik.

Kini, Twitter kembali meluncurkan layanan Twitter Blue yang menawarkan menawarkan centang biru, emas, dan abu-abu dalam upaya memperketat proses peninjauan dan mencegah penipu.

Dengan sistem verifikasi yang baru, platform media sosial tersebut berusaha memastikan sistem tersebut tidak disalahgunakan.

Arti Centang Biru, Emas, dan Abu-Abu di Twitter

Berikut penjelasan tentang arti warna centang biru, emas, dan abu-abu di Twitter, sebagaimana dikutip VOI dari laman Businees Insider, Jumat, 23 Desember 2022:

  1. Tanda Centang biru

Tanda centang biru di Twitter diperuntukkan bagi pengguna yang berlangganan Twitter Blue.

Pengguna yang berlangganan Twitter Blue bakal mendapatkan tanda centang biru di akun. Twitter Blue menawarkan berbagai fitur yang tidak tersedia untuk pengguna biasa, termasuk kemampuan untuk mengedit tweet setelah memposting.

Dulunya, tanda centang biru menandakan akun orang-orang terkenal, seperti artis, musisi, atau yang lainnya. Selain itu, tanda centang biru juga menandai bahwa akun tersebut telah diverifikasi secara independen oleh Twitter yang menunjukkan pemilik aslinya.

Oleh sebab itu, jika Anda menemukan akun Twitter yang miliki tanda centang biru, bisa dipastikan bahwa akun tersebut adalah pemilik aslinya.

Kini, setelah Twitter diakuisisi oleh Elon Musk, tanda centang biru di Twitter diartikan dua hal yang berbeda, yakni akun yang diverifikasi berdasarkan kriteria verifikasi sebelumnya, atau akun yang berlangganan Twitter Blue.

Untuk berlangganan Twitter Blue, pengguna Android perlu merogoh kocek sekitar 8 dolar per bulan dan 11 dolar AS per bulan untuk pengguna iOS.

Menurut laporan Crowford, perbedaan harga ini dikarenakan untuk pendaftaran iOS dan mungkin merupakan usaha Twitter untuk mengimbangi biaya komisi 30 persen Apple untuk langganan yang dibeli dalam aplikasi.

Saat ini, Twitter Blue tersedia di Amerika Serikat, Kanada, Selandia Baru, Australia, dan Inggris Raya.

  1. Tanda Centang Emas

Twitter juga mengganti label 'resmi' dengan tanda centang emas di akun bisnis terverifikasi.

Marvel Entertainment, Xbox, dan Sony adalah beberapa akun pertama yang mendapatkan tanda centang emas. Belum ada informasi mengenai harga gold tick ini.

  1. Tanda Centang Abu-Abu

Akun yang memiliki tanda centang abu-abu menunjukkan bahwa penggunanya adalah pemerintah atau yang berbasis politik.

Contoh akun yang memiliki tanda centang abu-abu di Twitter adalah akun Kementerian dan Teknologi Informasi India dan akun Perdana Menteri India.

Demikian informasi seputar arti centang biru, emas, dan abu-abu di Twitter. Semoga bermanfaat!