Kebijakan Baru Twitter Makan Korban, Akun Paus Fransiskus Kehilangan Centang Biru
Akun Twitter Paus Fransiskus kehilangan Centang Biru, diganti Centang Abu-abu. (foto: @pontifex)

Bagikan:

JAKARTA - Twitter mulai menghapus centang biru dari profil pengguna pada Kamis 20 April, termasuk tokoh terkenal seperti Paus Fransiskus, pendiri Microsoft Bill Gates, dan bintang sepak bola Portugal Cristiano Ronaldo kehilangan status terverifikasi mereka.

Di bawah kepemilikan Elon Musk, Twitter telah mengubah cara memberikan centang biru, yang sebelumnya diberikan kepada individu terkenal, jurnalis, eksekutif, politisi, dan lembaga setelah memverifikasi identitas mereka. Mereka berfungsi sebagai tanda keaslian.

Musk mengatakan pada November bahwa Twitter akan mulai membebankan 8 dolar AS (Rp135 ribu) per bulan untuk centang biru tersebut dalam upaya untuk meluncurkan lebih banyak sumber pendapatan selain dari iklan.

Perusahaan kemudian menawarkan centang biru dalam warna lain - emas untuk bisnis dan abu-abu untuk organisasi pemerintah dan multilateral serta pejabat.

Paus, yang kehilangan centang biru pada Kamis, kemudian diberikan centang verifikasi abu-abu oleh Twitter.

Vatikan, yang terkejut, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa mereka menyadari bahwa Twitter melakukan perubahan tetapi mencatat bahwa Paus memiliki lebih dari 53 juta pengikut di akun @Pontifex-nya dalam berbagai bahasa.

"Sambil menunggu untuk mengetahui kebijakan baru platform, Tahta Suci berharap mereka akan mencakup sertifikasi keaslian akun," katanya.

Beberapa tokoh seperti bintang basket LeBron James dan penulis Stephen King masih memiliki centang biru, tampaknya berkat Musk sendiri.

Penulis "The Shining" King, yang sebelumnya menyebut Musk sebagai pengguna Twitter yang buruk, men-tweet: "Akun Twitter saya mengatakan saya berlangganan Twitter Blue. Saya tidak. Akun Twitter saya mengatakan saya memberikan nomor telepon. Saya tidak."

Musk men-tweet balik kepadanya: "Sama-sama namaste," dengan emoji tangan dilipat.

The Verge melaporkan bahwa James, yang sebelumnya mengatakan tidak akan membayar untuk verifikasi, juga tidak membayar untuk mempertahankan centang birunya.

Musk men-tweet terpisah: "Saya membayar beberapa secara pribadi." dan kemudian men-tweet "Hanya Shatner, LeBron, dan King," yang merujuk pada aktor Star Trek William Shatner, yang bulan lalu mengeluh tentang dipaksa membayar untuk mempertahankan centang birunya.

Di antara mereka yang kehilangan centang biru adalah mantan Presiden AS Donald Trump dan bintang reality TV Kim Kardashian.

Twitter pada Jumat juga menghapus label "didanai pemerintah" dari akun National Public Radio (NPR) berbasis AS, British Broadcasting Corp, dan Canadian Broadcasting Corporation (CBC).

Twitter juga menghapus tag "media yang berafiliasi dengan negara China" pada akun Xinhua News serta jurnalis yang terkait dengan publikasi yang didukung oleh pemerintah.