YouTube Bakal Tampilkan Ringkasan Video yang Dibuat oleh AI
YouTube mulai menguji fitur yang menggunakan Kecerdasan Buatan (AI) (foto: dok. youtube)

Bagikan:

JAKARTA - YouTube mulai menguji fitur yang menggunakan Kecerdasan Buatan (AI) untuk membuat ringkasan video, nantinya akan muncul di halaman pencarian dan tontonan.

Menurut perusahaan, ringkasan singkat tentang video ini dapat membuat pengguna memutuskan apakah video tersebut cocok untuk mereka tonton.

Tetapi, ringkasan ini tidak akan menggantikan deskripsi yang dibuat oleh konten kreator tersebut, dan bisa saja lebih baik dibanding ringkasan otomatis yang dibuat AI.

"Meskipun kami berharap ringkasan ini bermanfaat dan memberi Anda gambaran singkat tentang isi video, ringkasan ini tidak menggantikan deskripsi video (yang ditulis oleh konten kreator)," ujar YouTube pada laman resminya, dikutip Rabu, 2 Agustus.

Sayangnya, fitur eksperimen ini baru diuji coba ke beberapa video dalam bahasa Inggris dan pengguna yang terbatas. YouTube mengharapkan umpan balik dari pengguna menyoal fitur tersebut.

Menurut Android Police, dalam beberapa minggu terakhir, YouTube telah memberi pengguna fitur pratinjau sebelum diluncurkan secara resmi.

Misalnya pada pelanggan premium, mereka dapat mengunci layar selama pemutaran untuk mencegah perintah yang tidak disengaja.

Mereka juga memiliki opsi untuk mengubah komentar Shorts menjadi klip pendek yang benar-benar baru. Bulan lalu, YouTube mengumumkan fitur sulih suara AI dimana pengguna bisa mendengar video dalam bahasa asli mereka.