Hyundai Kembangkan MobED, Robot yang Mampu Bawa Bayi dan Gelas Minuman dengan Aman
Robot pengangkut serba bisa dari Hyundai. (foto: Hyundai)

Bagikan:

JAKARTA –  Sebuah robot roda empat baru yang dirancang untuk membawa apa saja, dikembangkan oleh Hyundai. Perusahaan teknologi aal Korea Selatan ini mengembangkan robot yang bisa membawa parsel dan minuman hingga bayi serta monitor kesehatan.

Menurut Hyundai, Robot Mobile Eccentric Droid (MobED) memiliki tubuh rendah dan rata yang sempurna untuk tugas menjaga stabilitas dan kemampuan manuver tinggi.

Robot Ini akan secara resmi diluncurkan di Consumer Electronics Show (CES) 2022 pada Januari nanti, di mana ia akan ditampilkan melakukan tugas di lingkungan yang kompleks dan menantang.

Dalam video promosi perangkat tersebut, terlihat robot ini mampu menggendong bayi dan melintasi bukit sambil membawa piramida gelas berisi sampanye.

Pihak Hyundai menjelaskan, MobED ini memiliki panjang 26 inci, berat 110 pon dan akan menjadi 'perangkat mobilitas yang berguna untuk lansia atau penyandang cacat.'

Tidak ada rincian harga yang dirilis untuk perangkat tersebut, dan Hyundai belum mengatakan kapan akan tersedia secara komersial.

Robot ini telah dirancang dengan bodi datar persegi panjang untuk memungkinkan penggunaan ganda, dan dikendarai dengan empat roda besar dengan suspensi independen.

Menurut  para insinyur Hyundai yang mengerjakan robot tersebut, bentuk robot ini memungkinkan 'postur tubuh yang optimal dan gerakan yang stabil bahkan di jalan yang menanjak dan tidak rata,'.

Ini berarti platform dapat bergerak melalui lingkungan perkotaan yang paling rumit sekalipun dengan menyesuaikan jarak sumbu roda dan sudut kemudi dengan lebih bebas.

"Kami telah mengembangkan platform MobED untuk mengatasi keterbatasan pemandu dalam ruangan dan robot layanan yang ada sambil memaksimalkan kegunaannya di kota-kota," kata Dong Jin Hyun, Kepala Lab Robotika Grup Motor Hyundai seperti dikutip Dailymail.

“Kami juga melihat ke depan untuk menilai bagaimana calon pengguna MobED akan lebih memperluas kebutuhan dan penggunaan mereka untuk jenis teknologi ini,” tambahnya.

Muncul dengan sejumlah teknologi baru, termasuk penggerak 'Roda Eksentrik' dan kemudi berteknologi tinggi, robot ini memiliki sistem kendali dalam pengereman dan ketinggian.

Hal ini memungkinkannya untuk beradaptasi dan mewujudkan postur optimal pada permukaan jalan dan lingkungan yang berbeda, tanpa memerlukan input manusia atau roda baru.

Ada tiga motor yang dipasang di setiap roda, memberikan tenaga dan kemudi yang presisi ke roda, sekaligus memberikan kontrol postur tubuh yang lebih baik.

“Kekuatan individu dan kontrol kemudi untuk setiap roda memungkinkan 'rotasi di tempat dan gerakan omnidirectional,” kata Hyundai dalam siaran persnya.

Ini memungkinkan mobilitas yang sangat efektif bahkan dalam situasi sempit, tambah mereka. Penggerak roda 'Eccentric' mengontrol postur dan menstabilkan sikap tubuh dengan menyesuaikan ketinggian setiap roda sesuai dengan lingkungan tanah.

Ban pneumatik 12-inci MobED lebih lanjut membantu menyerap gundukan dan getaran, memungkinkannya membawa muatan yang paling halus sekalipun.

MOBED: Fakta dan Angka

Panjang: 26 inci (67 cm)

Lebar: 23 inci (60 cm)

Tinggi: 13 inci (33 cm)

Berat: 110lb (50kg)

Jarak sumbu roda: Jarak sumbu roda diperluas hingga 25 inci (65 cm) untuk stabilitas optimal dalam berkendara kecepatan tinggi. Turun menjadi 17 inci (45 cm) untuk manuver kecepatan rendah di lingkungan yang lebih kompleks.

Kecepatan: 18.6mph (30kmh)

Kapasitas baterai: 2kWh

Waktu kerja maksimum: Empat jam.