Hyundai Luncurkan TIGER, Robot yang Bisa Dioperasikan di Bumi dan Luar Angkasa
Robot Tiger. (Sumber: hyundainews.com)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan otomotif asal Korea Selatan Hyundai Motor Group kembali meluncurkan inovasi produk masa depan. Kali ini, Hyundai meluncurkan robot inovativ masa depan yang menggabungkan mobilitas dan robotika. 

Memiliki nama TIGER, robot mobilitas cerdas itu diluncurkan secara daring melalui kanal YouTube resmi milik Hyundai. TIGER sendiri merupakan singkatan dari Transforming Intelligent Ground Excursion Robot (TIGER).

TIGER dikembangkan oleh New Horizons Studio yang merupakan Departemen Mobilitas Hyundai, bekerja sama dengan perusahaan desain perangkat lunak asal Amerika Serikat Autodesk. 

TIGER memiliki struktur yang mirip dengan konsep mobil berjalan 'Elevate' dari Hyundai Motor yang diluncurkan pada Consumer Electronics Show (CES) 2019 di Las Vegas. 

robot tiger
Robot Tiger. (Sumber: hyundainews.com)

TIGER berukuran panjang 80 sentimeter, lebar 40 sentimeter dan berat 12 kilogram. Ia memiliki empat kaki dengan roda yang dapat diperpanjang, sehingga membuatnya mampu bergerak ke segala arah di medan yang kompleks.

TIGER pertama adalah model konsep X-1, dengan X menunjukkan status eksperimentalnya. Menariknya, TIGER didesain bisa digunakan di bumi maupun luar angkasa

Robot tersebut dapat digunakan untuk tujuan eksplorasi dan penelitian ilmiah, mengangkut persediaan medis darurat, atau melakukan tugas multiguna di medan yang sulit diakses kendaraan biasa. TIGER juga mampu bergerak ke samping dan dapat dengan mudah berubah arah saat dibutuhkan.

Ini juga berisi area penyimpanan yang dilindungi dan keempat kakinya dapat mempertahankan posisi horizontal setiap saat, untuk mengangkut persediaan dengan aman di medan yang kasar dan tidak teratur.

robot tiger
Dirancang juga mampu beroperasi di luar angkasa. (Sumber: hyundainews.com)

"Kendaraan seperti TIGER dan teknologi yang tertanam di dalamnya, memberi kami kesempatan untuk lebih mendorong imajinasi kami. Kami terus memikirkan cara untuk meningkatkan desain dan pengembangan kendaraan serta mendefinisikan kembali masa depan transportasi dan mobilitas," kata Kepala New Horizons Studio John Suh melansir Koreatimes.

Tahun lalu, New Horizons Studio mulai mengembangkan kendaraan yang mampu melakukan perjalanan off-road.

Hyundai mengatakan, TIGER dapat digunakan untuk menjelajahi bulan atau planet lain. Di Bumi, TIGER dapat dimanfaatkan untuk mengirimkan produk, obat-obatan dan makanan ke daerah yang terkena bencana alam atau tempat yang sulit diakses.