Seoul Temukan Kasus Infeksi Pertama Virus Corona pada Hewan Peliharaan
Ilustrasi Kucing. (Emre/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Seoul, Korea Selatan mengumumkan seekor kucing yang tinggal dengan keluarga yang terinfeksi virus corona, kedapatan positif tertular virus corona setelah menjalani tes. 

Kucing betina berusia 4 hingga 5 tahun itu diuji Sabtu pekan lalu setelah dia menunjukkan sejumlah gejala, termasuk muntah dan kelesuan.

Pada tes Hari Minggu, hasilnya positif. Kucing peliharaan tersebut langsung dikirim ke pusat kesejahteraan hewan yang dikelola kota untuk dikarantina, menurut pernyataan pemerintah setempat.

"Kucing itu dirawat di pusat kesejahteraan hewan karena pemiliknya semuanya dinyatakan positif dan tidak dapat menjaganya," kata seorang pejabat kota melansir Koreatimes

Diketahui, Pemerintah Kota Seoul telah menguji tiga anjing dan satu kucing sejak program pengujian hewan peliharaan dimulai Senin pekan lalu.

Kasus COVID-19 pertama di negara itu yang melibatkan hewan peliharaan dilaporkan pada anak kucing di kota tenggara Jinju bulan lalu.

"Kucing di Seoul tampaknya memiliki kasus COVID-19 ringan dan dapat dilepaskan sebelum masa karantina 14 hari berakhir jika berhenti menunjukkan gejala dan hasil tes negatif dalam tes berikutnya," terang Pemerintah Kota Seoul.

Pemerintah Kota Seoul menambahkan, kendati belum ada bukti bahwa virus corona dapat ditularkan dari hewan ke manusia. Namun, masyarakat diharapkan tetap menjaga hewan peliharaan mereka untuk minimal berjarak 2 meter dari orang atau hewan lain, terutama anjing saat diajak berjalan-jalan.