Kia Luncurkan Mobil Listrik EV6, Punya Fitur E-GMP yang Bikin Irit Tagihan PLN
Penampakan mobil baru Kia EV6 (The Verge)

Bagikan:

JAKARTA - Kia telah memamerkan sejumlah gambar mobil listrik EV6 terbarunya. Perusahaan tidak akan mengumumkan informasi yang lebih detail terkait mobil listrik itu sampai acara yang diselenggarakan Kia berakhir pada bulan ini. Namun, beberapa gambar EV6 besutan Kia sudah bermunculan.

EV6 mempunyai desain yang terinspirasi dari mobil-mobil crossover sporty dan terlihat tangguh. Mobil ini merupakan mobil pertama yang memakai filosofi desain baru Kia. Perusahaan menyebutnya “Opposites United” yang terdiri dari lima pilar yaitu “Bold for Nature”, “Joy for Reason,” “Power to Progress,” “Technology for Life,” dan “Tension for Serenity.”

Interior mobil listrik EV6 (Kia)

“EV6, sebagai Kia EV spesial pertama, menampilkan desain yang dibuat oleh manusia, desain progresif, dan bertenaga listrik. Kami sangat percaya EV6 adalah model yang menarik dan relevan untuk pasar EV baru,” ujar Karim Habib selaku kepala perancang mobil listrik Kia.

BACA JUGA:


- https://voi.id/teknologi/33155/jaguar-land-rover-targetkan-seluruh-produknya-bertenaga-listrik-di-tahun-2030

- https://voi.id/teknologi/30333/sisihkan-pabrikan-as-dan-eropa-kepala-pusat-desain-hyundai-raih-i-grand-prize-i-fai

- https://voi.id/teknologi/33142/hyundai-luncurkan-tiger-robot-yang-bisa-dioperasikan-di-bumi-dan-luar-angkasa

[/see-also]

“Dengan EV6, kami bertujuan untuk merancang desain yang khas dan mengkombinasikan fitur canggih berteknologi tinggi dengan volume murni dan kaya, sambil menawarkan ruang unik sebagai kendaraan listrik masa depan,” tambah Habib.

Kia mengklaim EV6 sebagai “kendaraan listrik baterai khusus” pertamanya. Pasalnya, mobil Niro buatannya menggunakan model gas/hibrida serta versi yang lebih baru. EV6 dibuat dengan menggunakan teknologi baru bernama E-GMP (Electric – Global Modular Platform) yang mendukung serangkaian BEV (Battery Electric Vehicle) khusus.

Kendaraan ini merupakan kendaraan E-GMP kedua yang sudah diumumkan oleh induk perusahaannya, Hyundai. Sebelumnya, Hyundai telah meluncurkan mobil Ioniq 5 yang sudah dilengkapi teknologi E-GMP.  

Hingga saat ini Kia belum memberikan pengumuman resminya terkait kapan mobil tersebut akan diluncurkan. Sebagian berspekulasi bahwa mobil terbaru besutan Kia itu akan dirilis pada bulan Maret ini.