Presidential Medal of Freedom Diberikan kepada Steve Jobs Berkat Jasa pada Teknologi Informasi
Makam Steve Jobs di Boston banyak dikunjungi masyarakat. (foto: dok., pixabay)

Bagikan:

JAKARTA – Steve Jobs, salah satu pendiri raksasa teknologi asal AS, Apple Inc., dianggap sebagai salah satu orang yang paling berjasa dalam merevolusi teknologi informasi, di dunia. Jasa penemu iPhone ini bakal dikenang sepanjang masa.

Tak heran jika Presiden AS, Joe Biden, memberikan penghargaan tertinggi untuk orang sipil di AS karena jasanya itu, Jobs, mendapatkan  penghargaan "Presidential Medal of Freedom" (posthumous). Penghargaan itu akan diberikan pada 7 Juli nanti sebagai salah satu rangkaian kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan Amerika Serikat tahun ini.

Meski sudah meninggal dunia  hampir 12 tahun silam tak membuat publik akan melupakan namanya begitu saja.

Penghargaan diberikan dengan mempertimbangkan jasa-jasa dan pengabdian yang telah dilakukan. Embel-embel "posthumous" yang disertakan itu merujuk pada penghargaan Presidential Medal of Freedom yang diberikan kepada seseorang yang telah meninggal dunia.

Jobs yang telah meninggal pada 5 Oktober 2011, karena penyakit kanker yang dideritanya. Ia berkontriubusi dalam pengembangan komputer, telepon seluler dan industri musik digital.  Melalui perusahaan Apple yang didirikannya pada 1 April 1976, ia membuat perbedaan besar dalam cara pandang masyarakat terhadap industri komputer yang kini tak [pernah lepas dari kehidupan sehari-hari kita. 

Steve Jobs juga berkecimpung di industri hiburan dengan menjadi CEO di studio film animasi Pixar dan menjadi anggota dewan direksi Walt Disney. Selama di Pixar dan Walt Disney, Jobs juga disebut ikut andil dalam mengubah industri perfilman.

"Visi, imajinasi, dan kreativitasnya (Steve Jobs) menghasilkan penemuan yang telah, dan terus berlanjut, mengubah cara dunia berkomunikasi, serta mengubah industri komputer, musik, film, dan nirkabel," tulis White House di situs resminya.

Menurut laporan The Verge, Selain Steve Jobs, penerima Medal of Freedom lain tahun ini antara lain adalah atlet senam Simon Biles, aktor sekaligus sutradara Denzel Washington, dan pesepak bola Megan Rapinoeis.

Sebelumnya,  Pada 2016 silam, pendiri Microsoft Bill Gates juga dianugerahi Presidential Medal of Freedom oleh Presiden AS Barack Obama.  Gates mendapatkan penghargaan tertinggi untuk warga AS itu bukan karena mendirikan Microsoft, melainkan karena yayasan sosial Gates Foundation.