Bagikan:

JAKARTA - Sebuah video lawas Steve Jobs di International Design Conference 1983 tentang bagaimana teknologi akan mengubah cara melakukan sesuatu, baru-baru ini dirilis di sebuah situs Steve Jobs Archive. 

Situs tersebut menampilkan rekaman video Steve Jobs yang berusia 28 tahun di pameran "The Objects of Our Life" yang berlangsung di Aspen. 

Dalam video berdurasi 55 menit itu, Jobs meramalkan bahwa pada tahun 1986 penjualan PC akan melampaui penjualan mobil, dan dalam sepuluh tahun berikutnya, orang akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan PC daripada di dalam mobil. 

“Orang-orang akan menghabiskan lebih banyak waktu berinteraksi dengan mesin-mesin ini dibandingkan berinteraksi dengan orang lain,” kata Jobs dalam presentasinya. 

Meskipun hal itu dinilai mustahil pada tahun 89-an, dia meminta bantuan para desainer di antara hadirin untuk mulai memikirkan desain produk-produk teknologi di masa depan. 

“Salah satu alasan saya di sini adalah karena saya membutuhkan bantuan Anda. Entah komputer itu terlihat jelek atau bagus,” lanjutnya. 

Selain itu, dalam salah satu cuplikan video yang dilihat Macworld, terlihat menjelaskan apa sebenarnya pekerjaan awal yang dapat dilakukan dengan kecerdasan buatan (AI). 

“Pikiran manusia sangat bagus dalam melakukan hal-hal rumit dengan baik. Dan kini banyak orang mulai melihat otak sebagai model arsitektur untuk membangun komputer,” katanya. 

Menurutnya, ketika ada sejuta orang yang menggunakan sesuatu, saat itulah kreativitas benar-benar mulai terjadi dalam skala yang cepat.