Peringati 11 Tahun Kepergian Steve Jobs, CEO Apple: Dia Mengubah Dunia
Steve Jobs mengubah dunia lewat iPhone. (foto: twitter @tik_cook)

Bagikan:

JAKARTA - CEO Apple Tim Cook memperingati 11 tahun sejak pendiri Apple, Steve Jobs meninggal dunia karena penyakit kanker pankreas yang langka. Melalui Twitter-nya, Cook memuji Jobs yang bisa mengubah dunia.

Cook dalam tweet-nya, menyertakan foto Jobs dan pesan singkat bagaimana karya Jobs membantu mengatasi perubahan hingga sekarang.

"Steve menunjukkan kepada kita semua, lagi dan lagi, bahwa ide bagus benar-benar dapat mengubah dunia. Mengingat dia hari ini dan selamanya," tweet Cook.

Dijuluki bapak teknologi, Jobs diketahui pada 1976 mendirikan perusahaan komputer yang dijuluki Apple bersama Steve Wozniak. Komputer model pertamanya dinamai Apple I, merupakan produk revolusioner dalam teknologi komputer pada saat itu, ukuran komputer menjadi lebih kecil, harga yang murah, intuitive dan bisa dimiliki setiap orang.

Hingga pada tahun-tahun selanjutnya perusahaan semakin berkembang. Pada 2007, iPhone pertama kali diperkenalkan serta dipasarkan yang memiliki beberapa jenis dalam perkembangannya seperti iPhone 3G, 3GS, dan iPhone 4.

Namun, Jobs bukan tanpa lika-liku kehidupan, ia tidak selamanya di Apple hingga merilis iPhone besutannya. Jobs juga pernah mendirikan NeXT yang berfokus pada pasar pendidikan dan membeli rumah produksi yang masih kecil di kala itu, Pixar.

Kemudian singkatnya, pada 25 Agustus 2011, Jobs memutuskan untuk menggundurkan diri dari Apple dan digantikan oleh Cook, yang bergabung di Apple pada 1999. Tepat pada 5 Oktober 2011, Jobs pergi selamanya, meninggalkan karya-karyanya yang mengubah dunia pada usia 56 tahun karena penyakit kanker pankreas.

Melansir CNET, pada September lalu, Cook menghadiri Code Conference 2022 bersama Laurene Powell Jobs, yang merupakan istri Jobs, dan mantan chief design officer Apple, Jony Ive.

Di sana, ketiganya membahas Jobs, teknologi dan topik lainnya, serta mengumumkan peluncuran arsip Steve Jobs, sebuah situs web yang didedikasikan untuk pemimpin teknologi dan ide-idenya. Arsip itu termasuk kutipan, video dan klip audio yang akan menyoroti materi sejarah mendiang.

"Meskipun kami memiliki beberapa artefak dan beberapa materi nyata yang sebenarnya, arsipnya lebih banyak tentang gagasan," tutur Powell Jobs.