Bagikan:

JAKARTA - Awal pekan ini, sebuah investigasi mengungkapkan bahwa Apple, bersama dengan perusahaan teknologi besar lainnya, telah menggunakan subtitle YouTube untuk melatih model AI mereka. Dataset ini mencakup lebih dari 170.000 video dari kreator populer seperti MKBHD dan Mr. Beast. Apple menggunakan data ini untuk melatih model OpenELM open-source mereka, yang dirilis pada bulan April.

Namun, Apple telah mengonfirmasi kepada 9to5Mac bahwa OpenELM tidak digunakan untuk menggerakkan fitur AI atau machine learning mereka, termasuk Apple Intelligence. Perusahaan tersebut menyatakan bahwa OpenELM dikembangkan untuk berkontribusi pada komunitas penelitian dan memajukan pengembangan model bahasa besar open-source. Apple telah menggambarkan OpenELM sebagai "model bahasa open-source canggih" yang dibuat hanya untuk tujuan penelitian.

Klarifikasi dari Apple menunjukkan bahwa dataset Subtitle YouTube tidak digunakan untuk menggerakkan fitur Apple Intelligence. Sebaliknya, model Apple Intelligence dilatih pada data yang dilisensikan dan data publik yang tersedia yang dikumpulkan oleh web-crawler Apple.

Selain itu, Apple menyebutkan bahwa mereka tidak memiliki rencana untuk mengembangkan versi baru dari model OpenELM. Menurut Wired, perusahaan seperti Apple, Anthropic, dan NVIDIA menggunakan dataset Subtitle YouTube, yang merupakan bagian dari koleksi lebih besar yang disebut "The Pile" dari organisasi nirlaba EleutherAI, untuk melatih model AI mereka.