Di AS, Kini Bisa Beli Bensin dari Dashboard Mobil Berkat Apple CarPlay
Pengguna CarPlay untuk menggunakan aplikasi tersebut untuk menavigasi ke pompa bensin terdekat. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Apple Inc  ingin Anda mulai membeli bensin langsung dari dasbor mobil Anda awal musim gugur ini. Ini bisa dinikmati dalam versi terbaru dari perangkat lunak CarPlay yang segera diluncurkan. Aplikasi ini diprediksi akan  mempercepat usaha pabrik mobil untuk mengubah kendaraan Anda menjadi toko barang dan jasa .

Sebuah fitur baru yang secara diam-diam diluncurkan pada konferensi pengembang Apple bulan ini akan memungkinkan pengguna CarPlay untuk menggunakan aplikasi tersebut untuk menavigasi ke pompa bensin  terdekat. Tak hanya, aplikasi ini juga bisa digunakan  untuk membeli gas atau bensin langsung dari layar di dalam mobil. Ini bisa melewati proses seperti yang selama ini biasa dilakukan, memasukkan atau menggesek kartu kredit.  

Perusahaan bahan bakar HF Sinclair,   yang berbasis di Dallas, yang memasarkan bensinnya di 1.600 stasiun di Amerika Serikat, mengatakan kepada Reuters bahwa mereka juga berencana untuk menggunakan teknologi CarPlay baru. Mereka  akan mengumumkan rinciannya dalam beberapa bulan mendatang.

"Kami senang dengan gagasan bahwa konsumen dapat menavigasi ke stasiun Sinclair dan membeli bahan bakar dari layar navigasi kendaraan mereka," kata Jack Barger, wakil presiden senior pemasaran perusahaan.

Aplikasi bahan bakar hanyalah salah satu usaha berkelanjutan  Apple untuk memungkinkan aplikasi untuk membeli dari layar navigasi.  CarPlay kini memungkinkan sebagai ke aplikasi untuk membayar parkir, pengisian kendaraan listrik dan memesan makanan. Bahkan  menambahkan aplikasi tugas mengemudi seperti mencatat jarak tempuh dalam perjalanan bisnis lainnya.

Bahan bakar merupakan pengeluaran utama bagi pemilik mobil. Administrasi Informasi Energi AS memperkirakan pada bulan April, bahwa rata-rata rumah tangga AS akan menghabiskan sekitar  2.945 dolar AS untuk bensin pada tahun 2022, atau sekitar  455 dolar AS lebih banyak dari tahun lalu.

Apple saat ini tidak membebankan biaya kepada pembuat mobil, pengembang, atau pengguna untuk menggunakan CarPlay. “Kepentingan bisnis menempatkan Apple di garis depan saat mobil berubah menjadi komputer bergulir,” kata Horace Dediu, analis Asymco dan pendiri Micromobility Industries, seperti dikutip Reuters.

Fitur baru ini akan sampai pada ratusan model mobil yang sudah kompatibel dengan CarPlay ketika Apple merilis pembaruan perangkat lunak musim gugur ini.

"Lupakan Apple Car - Apple CarPlay adalah kesepakatan yang lebih besar," kata Dediu. "Ini sangat mungkin untuk skala jutaan dan jutaan mobil, jika tidak ratusan juta."

Untuk menggunakan fitur CarPlay baru musim gugur ini, pengguna iPhone perlu mengunduh aplikasi perusahaan bahan bakar ke ponsel mereka dan memasukkan kredensial pembayaran untuk menyiapkan aplikasi. Setelah aplikasi diatur, pengguna akan dapat mengetuk layar navigasi mereka untuk mengaktifkan pompa dan membayar.

"Ini adalah pasar yang sangat besar, dan konsumen benar-benar ingin menghilangkan gesekan dari pembayaran," kata Donald Frieden, chief executive officer P97 Networks yang berbasis di Houston, yang membuat pipa digital yang akan digunakan banyak perusahaan bahan bakar untuk menghubungkan aplikasi mereka ke mobil.

Frieden mengatakan dia telah menerima telepon dari perusahaan minyak yang tertarik untuk membuat aplikasi mereka bekerja dengan CarPlay. BP, Shell dan Chevron Corp  tidak menanggapi permintaan komentar tentang apakah mereka juga berencana membuat aplikasi iPhone mereka berfungsi dengan CarPlay.

Upaya  Gagal 

Langkah terbaru Apple ini kemungkinan akan meningkatkan ketegangan dengan pembuat mobil yang memiliki ambisi sendiri untuk perdagangan di dalam mobil.

Misalnya, pembuat kendaraan telah mencoba  dan gagal, mempopulerkan pembelian bensin dari mobil mereka sendiri sebelumnya. General Motors Co  meluncurkan sistem untuk melakukannya pada 2017, tetapi menutupnya awal tahun ini. "Karena pemasok keluar dari bisnis," kata GM kepada Reuters dalam sebuah pernyataan.

Selain aplikasi untuk bahan bakar dan pembelian lainnya, Apple juga berupaya memperluas CarPlay lebih jauh ke dalam sistem mengemudi mobil dengan mengakses data pengukur kecepatan dan bahan bakar.  

Tetapi pembuat mobil kemungkinan tidak akan menyerahkan data itu ke Apple tanpa membuat tuntutan mereka sendiri dalam pembicaraan yang diyakini para analis kemungkinan sudah berlangsung.

Berbicara pada konferensi Reuters Automotive Europe di Munich pada hari Rabu, CEO Mercedes Benz, Ola Kaellenius,  mengatakan tujuan perusahaan "adalah untuk memiliki pengalaman Mercedes yang lengkap dan holistik."

Kallenius mengatakan Mercedes tidak akan berusaha untuk menemukan kembali setiap kategori aplikasi, tetapi "ketika berinteraksi dengan perusahaan yang berada dalam domain digital ini ... apa pun dan segala sesuatu yang melintasi relevansi kewajiban produk, kami akan sangat berhati-hati."