Perusahaan Chip Inggris, Arm, Luncurkan Teknologi Chip Baru untuk Ponsel Pintar dan Hemat Listrik
Arm, meluncurkan serangkaian teknologi chip baru. (foto:dok.pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Arm Ltd, perusahaan teknologi chip asal Inggris yang dimiliki oleh SoftBank Group Corp, pada Selasa, 28 Juni, meluncurkan serangkaian teknologi chip baru yang bertujuan untuk membuat video gim di ponsel pintar terlihat lebih baik sambil menghemat masa pakai baterai.

Produk terbaru adalah desain untuk unit pemrosesan grafis, atau GPU, yang paling sering digunakan untuk pemrosesan video dalam gim. Arm menghasilkan uang dengan melisensikan cetak birunya kepada perusahaan chip seperti MediaTek Inc  yang pada gilirannya menggunakannya untuk merancang chip untuk smartphone berbasis Android.

Arm pada Selasa lalu juga meningkatkan rencana untuk CPU-nya, atau unit pemrosesan pusat, otak utama di komputer. Dalam kedua kasus tersebut, Arm ingin meningkatkan kinerja chip sambil menggunakan lebih sedikit daya listrik.

Dorongan terbaru untuk meningkatkan chip seluler datang ketika pelanggan Arm seperti Apple Inc  dan Qualcomm Inc  mengurangi ketergantungan mereka pada Arm.

Sementara Apple dan Qualcomm masih membayar Arm beberapa biaya lisensi untuk memastikan chip mereka bekerja dengan perangkat lunak yang ditulis untuk chip berbasis Arm, mereka sekarang merancang lebih banyak bagian penting dari chip mereka sendiri daripada menggunakan desain buatan Arm.

“Solusi komputasi terbaru kami untuk perangkat konsumen akan terus meningkatkan ambang batas dari apa yang mungkin terjadi di pasar seluler,” kata eksekutif Arm, Paul Williamson, dalam blog yang mengumumkan produk baru.

"Untuk pengembang, membuat pengalaman 3D real-time yang imersif ini menjadi lebih menarik dan menarik membutuhkan lebih banyak kinerja," tulis Williamson, yang juga dikutip Reuters.