Bagikan:

JAKARTA - Diluncurkan pada bulan Juli lalu, Hyundai Ioniq 5 N langsung mendapatkan berbagai respons positif sebagai mobil listrik berperforma tinggi. Berkat debut gemilangnya, mobil tersebut meraih penghargaan Car of the Year dari Top Gear Awards 2023.

Paul Hornell, selaku penulis Top Gear dan juri pada penghargaan ini, menilai bahwa crossover listrik tersebut memiliki performa yang sama seperti mobil berbahan bakar bensin dan para insinyur berhasil memanfaatkan berbagai sistem yang membuat mobil ini menjadi bertenaga dari biasanya.

“Di jalan raya dan trek, mobil ini menghasilkan apa yang tidak pernah kira dari sebuah EV besar, dengan penyaluran tenaga berlebih hingga tingkat yang mencengangkan. Ini membuka halaman baru untuk mobil listrik dan untuk kendaraan keseluruhan,” kata Hornell dalam laman resmi Hyundai, Rabu, 29 November.

Melanjutkan apa yang diucapkan Hornell, Till Wartenberg, selaku Presiden dan Head of N Brand, mengatakan bahwa Ioniq 5 N menggabungkan unsur teknologi, performa, dan elektrifikasi, sehingga menawarkan petualang dan berkendara yang menyenangkan di dalam trek balap.

“Mendapatkan gelar TopGear’s Car of the Year 2023 merupakan bukti semangat Hyundai N terhadap inovasi dan komitmen kepada pelanggan kami,” ucap Wartenberg.

Ini merupakan kedua kalinya mobil Hyundai N merengkuh penghargaan tersebut. Sebelumnya, model N lainnya, yakni i20 N, meraih Car of the Year dari Top Gear pada tahun 2021 lalu.

Ioniq 5 N dilengkapi dengan motor listrik ganda yang menghasilkan tenaga sebesar 600 dk dan torsi sebesar 748 Nm. Bahkan, dengan fitur N Grin Boost, angka tersebut dapat meningkat menjadi 641 dk dan torsi 770 Nm.

Dengan daya tersebut, Ioniq 5 N dapat mencapai kecepatan 0 hingga 100 km/jam dalam waktu sekitar 3,5 detik, dengan kecepatan maksimal mencapai 260 km/jam.

Hyundai juga menyematkan paket baterai terbaru dengan kapasitas 84 kWh, yang merupakan yang tertinggi di antara semua mobil listrik Hyundai. Dengan fitur pengisian daya ultra-fast charging, Ioniq 5 N dapat mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 18 menit.