Spesifikasi Sadis iQOO 7 BerLayar AMOLED 120Hz, Snapdragon 888, dan <i>Charging</i> 120W
Tampilan iQOO 7 (Weibo @你的阿笑笑)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah hype selama beberapa pekan, ponsel yang terinspirasi dari Vivo-X60, yakni iQOO 7, akhirnya dirilis. Smartphone gaming anyar ini pun menjadi ponsel kedua di dunia yang ditenagai chipset Snapdragon 888.

Smartphone gaming iQOO teranyar ini diluncurkan di Tiongkok dan dijual mulai dari CNY 3.798 (sekira Rp8,3 juta). Sebelumnya, beberapa fitur kunci sudah kadung bocor. Berkat bocoran itu pula iQOO terbilang sukses dalam membuat penggemar pensaran.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah spesifikasi dan harga ponsel gaming iQOO 7 yang mungkin tak lama lagi akan diluncurkan di Indonesia.

Desain dan Layar

iQOO mengungkapkan via Gizmochina bahwa pihaknya sudah merancang ponsel anyar ini dengan kualitas sekelas pendahulunya. Dalam kenyataan, smartphone flagship terbaru ini menggunakan material alumunium berkelas sebagai frame bagian tengah.

Hasilnya, ponsel jadi lebih kokoh dan ringan. Selain itu iQOO 7 juga dilapisi kaca berjenis AG (Anti-Glare) dengan tebal 0,6 mm. Di bagian depan, pengguna bisa menemukan layar dengan punch-hole yang terletak di bagian tengah.

Memiliki dimensi 16,2 x 75,8 x 8,7 mm, berat iQOO 7 209,5 gram saja. Kembali ke layar, iQOO 7 didukung AMOLED FHD+ dengan lebar 6,6,2 inci. Layar ini mampu menghasilkan grafis berkemampuan 120Hz refresh rate.

“Layar ini juga memiliki tingkat kontras 60.000.000 : 1, mendukung konten HDR10+, 100Hz touch sample rate, serta 300Hz touch report rate,” ungkap perusahaan kala peluncuran iQOO 7 seperti dikutip dari Gizmochina.

Spesifikasi dan harga iQOO 7 (Gizmochina)

Spesifikasi dan Fitur Gaming iQOO 7

Di bagian dalam, gawai yang diperuntukkan bagi para gamer berat ini ditenagai SoC Snapdragon 888. Dikombinasikan dengan DDR5RAM dan memori internal UFS 3.1.

Kinerja grafis didukung oleh GPU Adreno 660, yang ditambahi oleh iQOO dengan beberapa fitur gaming. Antara lain fitur Monster Touch yang berfungsi sebagai pengaturan sensitivitas layar, Monster Beat sebagai pengaturan speaker dual-stereo, serta Monster Engine yang ditenagai Dual-Linear Motor dengan vibrasi 3D.

“Bagian audio (iQOO 7) didukung chip audio HIFI-DAC CS43131 untuk menghasilkan pengalaman interaktif dengan Hi-Res dan Super Audio,” terang iQOO 7.

Sebagai tambahan, lanjut perusahaan, iQOO 7 juga didukung fitur gaming lain. Contohnya seperti Multi-Turbo 5.0, One Touch Game Space, teknologi pengoptimalisasi GVoice, serta Game Box yang dibekali berbagai fitur penting.

Sebagai pendingin mesin, iQOO menjelaskan bahwa iQOO 7 memiliki pelat pendingin VC berbentuk L.

Fitur Lain iQOO 7

Untuk kamera, perusahaan menanamkan modul berbentuk persegi yang berisi kamera dengan susunan vertikal. Di dalam modul tersebut juga terdapat tulisan brand iQOO serta LED Flash.

Ponsel anyar ini memiliki tiga buah lensa. Kamera utama berkemampuan 48MP f/1.79 yang didukung OIS. Selain itu, dua kamera lain terdiri dari 13MP lensa ultra-wide dan 13MP kamera portrait.

Kemampuan kamera didukung fitur unggulan seperti digital Zoom 20x, OIS anti goncangan, Night scene 2.0, Panorama, RAW HDR 2.0, dan masih banyak lagi. Di bagian depan, terdapat lensa berkemampuan 16MP yang bisa dipakai sebagai foto selfie serta merekam video.

Mirip dengan pendahulunya, iQOO 7 didukung baterai berkapasitas 4.000 mAh dengan fitur FlashCharge 120W. Perusahaan mengklaim jika ponsel anyar ini hanya membutuhkan waktu 15 menit agar daya perangkat terisi penuh.

Poster peluncuran iQOO 7 (Weibo @iQOO)

Perkiraan Harga iQOO 7 di Indonesia

iQOO 7 hadir dalam tiga pilihan warna. Antara lain Hitam, Latent Blue, serta Edisi BMW Legendaris. Sedangkan untuk pilihan harga, varian 8GB/128GB dijual 3,798 Yuan China (atau setara Rp 8,3 juta). Untuk varian 12GB/256GB dibanderol 4198 Yuan China (setara Rp 9,2 juta).

Sejak peluncuran yang diselenggarakan tadi di Tiongkok, iQOO 7 sudah bisa dipesan. Sedangkan proses penjualan akan dimulai pada 15 Januari mendatang. Akan tetapi penjualan iQOO 7 baru mencakup wilayah Tiongkok saja.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Vivo Indonesia terkait kapan perilisan dan harga resmi iQOO 7 di nusantara.