YouTube Gaming Capai 100 Miliar Jam Penayangan Selama 2020
YouTube Gaming (YouTube)

Bagikan:

JAKARTA - Dunia gim memang paling banyak diminati masa kini, selain hobi, gim juga merupakan salah satu opsi hiburan di tengah kesibukan atau sekadar melepas penat.

Beberapa gamer juga menjadikan gim sebagai ladang penghasilan mereka, dengan cara membuat konten di YouTube. Tak ayal, laporan statistik tahun 2020 menunjukkan YouTube Gaming memiliki jumlah jam tonton yang sangat mengejutkan.

Chief YouTube Gaming, Ryan Wyatt mengungkapkan, pengguna platform tersebut menonton 100 miliar jam konten gim dalam setahun terakhir. Jumlah ini meningkat dua kali lipat dari jam tonton pada 2018 silam.

Perusahaan menjelaskan dari 100 miliar itu, sekitar 10 miliar jam adalah streaming langsung di YouTube Gaming. Hal ini menjadi pertanda kuat bahwa platform milik Google tersebut, menjadi pesaing kuat bagi Twitch punya Amazon.

Jam tayang YouTube Gaming (YouTube)

Beberapa statistik menarik lainnya juga dibagikan Wyatt. Seperti video Minecraft ternyata menjadi gim yang paling banyak ditonton di YouTube. Ada lebih dari 200 miliar penayangan streaming langsung Minecraft dan video yang diupload.

"Pembuat konten sudah melihat peningkatan besar dalam jumlah pelanggan, pemirsa, dan pemirsa sepanjang tahun 2020. Salah satu pertumbuhan paling luar biasa adalah pembuat konten Minecraft, Dream, yang mengalami lonjakan subscribers dari 1 juta pada Januari 2020 menjadi 13 juta pada bulan Oktober,” ungkap YouTube seperti dikutip dari The Verge, Rabu 9 Desember.

Selain itu, deretan gim yang paling banyak ditonton berikutnya adalah Roblox dengan 75 miliar penayangan. Posisi lima teratas lainnya dilengkapi oleh Garena Free Fire dengan 72 miliar penonton, Grand Theft Auto V 70 miliar penayangan, dan Fortnite 67 miliar.

Di sisi lain, YouTube juga menyatakan saat ini ada lebih dari 40 juta saluran gim yang aktif. Dari angka itu, sekitar 80.000 di antaranya sudah memiliki 100.000 subscribers tahun lalu.

Setidaknya, terdapat 1.000 channel memecahkan 5 juta subscribers pada 2020, dan lebih 350 channel mencapai 10 juta subscribers.

Kemungkinan, peningkatan yang spesifik ini disebabkan karena pandemi virus corona, di mana masyarakat diharuskan untuk tetap di rumah, dan mereka tentunya mencari hiburan lewat platform seperti YouTube dan YouTube Gaming.