Kicauan <i>Baby Shark</i> Elon Musk Bikin Saham Samsung Meroket
Elon Musk (Sumber: Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Saham Samsung Publishing Co.Ltd, secara melesat ke level tertingginya di Bursa Korea (KRX). Hal ini terjadi setelah CEO Tesla Elon Musk, membagikan postingan lagu Baby Shark di Twitter. 

Diketahui, Elon Musk membagikan cuitannya saat jam perdagangan saham di Asia kemarin. "Baby Shark menghancurkan semuanya! Lebih banyak penayangan daripada manusia,” ujarnya lewat akun @elonmusk, Rabu, 2 Juni.

Berkat kicauan Musk tersebut, saham Samsung Publishing di Bursa Korea Selatan melonjak lebih dari 10 persen pada satu titik selama perdagangan reguler pada hari Rabu. Sebelum akhirnya ditutup dengan kenaikan 6,29 persen di posisi harga 47.300 won Korea atau sekitar Rp606.000/saham.

Jelas lonjakan saham ini adalah contoh lain dari pengaruh 'sihir' Elon Musk. Efek yang sama ketika Tweet-nya memicu reli lain di saham yang sekali lagi menggarisbawahi pengaruh miliarder itu pada harga aset dari mata uang kripto seperti Bitcoin dan Dogecoin.

Samsung Publishing sendiri merupakan perusahaan Korea Selatan yang jadi pemegang saham utama pembuat lagu anak-anak, SmartStudy. "Baby Shark" jadi sebuah lagu fenomenal yang telah ditonton lebih dari delapan miliar kali di YouTube.

Video tersebut dibuat oleh divisi Pinkfong, yang menurut SmartStudy "mengembangkan konten animasi yang kreatif untuk memberikan pengalaman belajar yang merangsang dan menyenangkan bagi anak-anak di seluruh dunia."

Video yang pertama kali diunggah ke YouTube pada 2016, itu menjadi salah satu lagu anak yang paling dikenal di dunia, bahkan memecahkan Billboard Top 100 pada 2019. Lagu ini juga menyumbang lebih dari sepertiga total penayangan pada kanal milik Pinkford Kids yang mencapai 24 miliar tayangan.