AMD Geser Intel untuk Sematkan Chipset di Sistem Hiburan Mobil Tesla
Ilustrasi Mobil Tesla (Foto: David von Diemar/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan chipset AMD dilaporkan memenangkan kesepakatan dan akan menjadi pendukung teknologi infotainment pada mobil listrik Tesla. Rumor sebelumnya, AMD akan menyediakan perangkat keras grafis atau chipset pada mobil besutan Elon Musk tersebut.

Dalam acara Computex 2021, CEO AMD Lisa Su membenarkan rumor itu. Dia menjelaskan bahwa Tesla baru akan menampilkan AMD APU (chip Ryzen dengan grafis Radeon built-in) dalam sistem infotainment mereka.

Diketahui, pada Januari lalu, Tesla mengumumkan Model S dan Model X yang telah diupgrade, tidak ada alasan untuk mengatakan bahwa sistem infotainment barunya akan menawarkan daya hingga 10 teraflop. Kemungkinan, AMD bakal disematkan pada mobil tersebut. 

Mobil listrik Tesla. (Unsplash/Martin Katler)

Mengutip Fortune, Selasa 1 Juni, hal itu masuk akal, karena GPU RDNA 2 perusahaan juga berada di belakang PlayStation 5 dan Xbox Series X / S. Su mencatat bahwa grafik RDNA 2 akan bekerja saat pengguna memainkan sesuatu yang membutuhkan banyak daya. Mirip dengan cara beberapa laptop menyulap kartu grafis terintegrasi dan diskrit.

"Faktanya adalah bahwa teknologi yang kami kembangkan untuk PC sekarang masuk ke dunia otomotif," ungkap Su.

Kontrak dengan Tesla menambah momentum AMD setelah tiga tahun keuntungan di pasar komputasi. Sebagai pemasok salah satu perusahaan AS yang paling ramai, AMD dapat satu lagi kemenangan atas para pesaingnya.

Di lain sisi, perusahaan tidak ingin menghabiskan masa pakai baterai pengguna dengan menjaga GPU bertenaga tinggi tetap aktif sepanjang waktu.

Tesla yang diperbarui juga menampilkan dua layar infotainment seperti layar 17 inci di depan, dan yang lebih kecil di belakang untuk penumpang.

Jadi, jika pengemudi tidak punya banyak waktu untuk bermain, ada kemungkinan besar orang-orang di kursi belakang akan melakukannya. Sejujurnya, kekuatan grafis yang layak seperti itu bisa disematkan pada mobil yang memiliki harga 74.000 dolar AS atau setara Rp1,05 miliar.

Diketahui, kemenangan atas AMD tersebut menggantikan Intel, yang telah memasok chip untuk sistem infotainment di Model S dan X versi sebelumnya. Tetapi, mobil Tesla lainnya—Model 3 dan Y—akan terus dilengkapi oleh Intel.