Tesla Model Y Kini Gunakan Prosesor AMD untuk Sistem <i>Infotainment</i>, Hanya Beredar di China
, Tesla Model Y mulai mengalihkan model CPU dari chip bermerek Intel ke prosesor AMD Ryzen. (foto: dok. Tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Menurut laporan Brinkwire, Tesla Model Y mulai mengalihkan model CPU dari chip bermerek Intel ke prosesor AMD Ryzen untuk sistem infotainment mobil. Untuk saat ini, Model Y baru yang dilengkapi AMD hanya tersedia untuk pembeli di China.

Selama beberapa tahun terakhir, Tesla telah bekerja dengan ketiga produsen semikonduktor utama, termasuk Nvidia, Intel, dan AMD. Tesla awalnya menggunakan Nvidia SoC di kendaraan lamanya, tetapi beralih tiga tahun lalu ke CPU Intel Atom untuk pusat infotainment di Model 3 dan versi Model X dan Model S yang lebih baru.

Menurut laporan tomshardware.com, Tesla telah mengalihkan Model S dan X ke chip AMD, dan sekarang tampaknya tengah menyelesaikan transisi dengan Model Y. Sayangnya, belum jelas alasan mengapa Tesla memutuskan untuk beralih tim ke AMD, yang sekilas tampak seperti langkah aneh mengingat ketergantungan AMD pada TSMC untuk pasokan semikonduktor cukup tinggi.

Hal ini mengingat kendala pasokan TSMC pada produk 7nm saat ini yang sangat diandalkan oleh AMD untuk hampir semua produknya saat ini. Sederhananya, ada begitu banyak permintaan untuk silikon 7nm TSMC dari kliennya sehingga berkontribusi pada kekurangan yang sedang berlangsung.

Ini sangat kontras dengan Intel, yang memiliki fasilitas fabrikasi sendiri, memungkinkan perusahaan untuk melewati beberapa masalah rantai pasokan.

Meskipun demikian, langkah Tesla ke AMD berpotensi didasarkan pada kinerja. Publik telah melihat Tesla Model S dan Model X yang dilengkapi dengan AMD Ryzen APU yang sangat kuat yang ditenagai oleh grafis RDNA2 selama acara Computex 2021.

Faktanya, Elon Musk, CEO Tesla,  mengklaim pengguna dapat memainkan The Witcher 3 dan Cyberpunk 2077 di dalam sistem infotainment yang didukung AMD dari mobil-mobil baru ini — mereka sekuat itu.

Untuk saat ini setidaknya, Tesla Model Y yang ditenagai AMD eksklusif untuk China, tanpa kabar apakah perubahan prosesor akan sampai ke Amerika Serikat atau wilayah lain. Selama ini sistem infotainment yang didukung AMD hanya disertakan dalam versi kinerja Model Y, dengan semua versi lain masih menggunakan chip Intel.

Jika Model Y bertenaga AMD yang mewah ini berhasil sampai ke wilayah lain, jangan berharap setiap mobil datang dengan perangkat keras baru, terutama dengan kekurangan chip yang ada saat ini.