Tesla Kembali Tarik 107 Ribu Mobil Listrik yang Diproduksi di China, karena Panas Berlebihan
Tesl;a tarik sejumlah mobil yang diproduksi di China, karena bermasalah. (foto: Twitter @tesla)

Bagikan:

JAKARTA -Badan pengatur pasar China mengumumkan pada Senin, 16 Mei  bahwa Tesla Inc akan  menarik 107.293 kendaraan Model 3 dan Model Y buatan China karena terlalu panas. Hal ini  dapat menyebabkan tampilan layar sentuh tengah tidak berfungsi, di antara berbagai masalah lainnya.

Menurut pernyataan yang diterbitkan oleh Administrasi Negara untuk Peraturan Pasar (SAMR), panas berlebihan ini juga dapat menyebabkan malfungsi lainnya, termasuk pengaturan kaca depan dan tampilan roda gigi.

Sebelumnya, pabrik mobil listrik yang dipimpin Elon Musk itu juga harus menarik 130.000 mobil di AS karena masalah yang menyebabkan CPU dalam sistem infotainment kendaraan menjadi terlalu panas selama pengisian cepat.

Hal ini berpotensi membuat kerusakan layar sentuh mobil atau benar-benar kosong seperti dilaporkan oleh The Associated Press baru-baru ini. Pembuat mobil listrik sebenarnya sudah mulai meluncurkan pembaruan over-the-air (OTA) pada 3 Mei untuk memperbaiki masalah pada kendaraan yang terpengaruh, yang meliputi Model 3 dan Y 2022, serta Model X dan S 2021 dan 2022.

"Selama pengisian cepat atau persiapan untuk pengisian cepat, unit pemrosesan pusat infotainment ("CPU") mungkin tidak cukup dingin untuk mencegah suhu yang lebih tinggi dari yang diharapkan, yang dapat menyebabkan CPU memperlambat pemrosesan atau memulai ulang," demikian bunyi pemberitahuan penarikan dari Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA).