Saingi Toyota dan VW, Tesla Siapkan Mobil Murah
Ilustrasi mobil Tesla. (Vlad Tchompalov/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan otomotif Tesla menyeriusi rencana untuk melebarkan sayap bisnisnya di China. Setelah meresmikan pabrik pertamanya di China tahun lalu, Tesla juga tengah menyiapkan mobil listrik dengan desain khas China 

Terbaru, Tesla juga menargetkan mampu melakukan penetrasi pasar dengan model khusus China yang tengah disiapkannya. Ini tidak lepas keinginan Tesla untuk membukukan penjualan global melampaui angka 500 ribu kendaraan tahun ini.

China merupakan pasar otomotif terbesar di dunia secara umum. Serta, terbesar dalam hal penjualan kendaraan listrik dengan volume penjualan mencapai 1,5 juta unit kendaraan tahun lalu. China juga merupakan pasar terbesar kedua Tesla setelah Amerika Serikat.

Tahun lalu, penjualan global Tesla tercatat sebanyak 450 ribu unit kendaraan. Sementara untuk pasar China, Tesla membukukan penjualan sebanyak 145 ribu unit kendaraan. 

Melansir Reuters, Tesla tengah mencari direktur desain untuk membuat Tesla model khusus China. Model khusus dimaksud bisa jadi merupakan mobil listrik seharga 25 ribu dollar AS. Ini sesuai keyakinan bos Tesla, Elon Musk untuk masuk ke pasar otomotif dengan kendaraan listrik seharga 25 ribu dollar AS.

Dengan perkiraan harga seperti itu, Tesla kemungkinan akan mengembangkan mobil kompak yang lebih kecil dari Tesla MOdel 3 dengan harga terjangkau seperti halnya kendaran berbahan bakar konvensional. 

"Sebuah mobil Tesla kompak akan berhasil dengan baik di China serta seluruh Asia dan Eropa. Ini berpotensi menurunkan penjualan Toyota Corolla dan Volkswagen Golf," kata Kepala Konsultan Automotive Foresight Yale Zhang yang berbasis di

Shanghai. 

Konsultan LMC Automotive menjelaskan, pasar mobil di Amerika Serikat dikuasai oleh SUV, sedan menengah hingga truk pikap seperti Ford F-150. Sementara, penjualan mobil kompak di China mencapai 25 persen dari keseluruhan penjualan.

Sebagai perbandingan, Tesla baru saja meluncurkan SUV dengan opsi 7 penumpang 'termurah' dengan harga mulai dari 40.490 dollar AS atau sekitar Rp567 jutaan. Harga termurah sebelumnya dipegang oleh Tesla 3 dengan harga di kisaran Rp1,5 miliar.