Bagikan:

JAKARTA - Volkswagen telah beberapa kali dikabarkan akan meluncurkan kendaraan listrik murah, atau masuk ke segmen entry level di China untuk mengimbangi dua raksasa otomotif Tesla dan BYD.

Dikutip dari laman Electreck, Senin, 27 November, dari kabar terbaru pabrikan tersebut akan memperkenalkan kendaraan listrik mulai dari harga 140.000 yuan atau kisaran Rp303 jutaan, guna menarik minat di pasar terpentingnya itu (China).

Seperti diketahui persaingan di pasar kendaraan listrik di dunia semakin meningkat, dikarenakan adanya pemotongan harga dari pemimpin pasar seperti Tesla dan BYD memberikan tekanan kepada produsen mobil lainnya.

"Pasar China sangat sensitif terhadap harga," kata CEO VW China, Ralf Brandstaetter.

Pada saat berkunjung ke fasilitas kendaraan listrik barunya di Hefei, Brandstaetter mengatakan mobil listrik tersebut akan menggunakan platform baru. Berdasarkan arsitektur MEB VW, yang digunakan untuk jajaran kendaraan listrik yang ada, platform baru ini akan menggunakan pemasok lokal untuk memangkas biaya yang disebut A Main Platform.

Brandstaetter menambahkan platform baru yang dijadwalkan pada tahun 2026 akan meningkatkan waktu pengembangan hingga sepertiganya, dan perusahaan berencana untuk memperkenalkan sepuluh kendaraan listrik baru secara global pada tahun 2026, guna mengimbangi produsen lainya.

Sementara itu Volkswagen berencana meluncurkan empat kendaraan listrik baru dengan harga termahal mencapai 170.000 yuan atau kisaran Rp368 jutaan. Nantinya model-model baru VW akan dibangun oleh perusahaan patungan dengan SAIC dan FAW.