Bagikan:

JAKARTA - Sejak akhir tahun lalu, usai meluncurkan Model 3 facelift dengan nama ‘Project Highland’ Tesla dirumorkan akan menghadirkan pembaruan pada Model Y dan diperkirakan crossover tersebut akan diluncurkan sekitar pertengahan tahun ini dan memulai debutnya di China.

Tesla Model Y sendiri adalah mobil terlaris secara global pada tahun 2023, mengalahkan penjualan Toyota Rav4 dan Toyota Corolla.

Mengutip dari laman CNevpost, Senin, 10 Juni, menyikapi rumor tersebut, CEO Tesla Elon Musk angkat bicara di laman resmi media sosial X. Ia bahkan membantah bahwa Tesla tidak akan merilis Model Y yang diperbaharui tahun ini.

“Tidak ada 'penyegaran' Model Y yang keluar tahun ini,” kata Musk di X, platform media sosial miliknya.

Pernyataan Elon Musk tersebut berdasarkan balasan untuk pengguna X bernama @Curious*****. Akun tersebut mengungkapkan adanya rumor tentang penyegaran Tesla Model Y.

"Ada rumor beredar bahwa penyegaran Model Y akan siap bulan depan, saya sulit untuk mempercayainya," tulis akun tersebut.

Elon Musk juga membagikan cuitan di laman resmi Weibo, ia mengunggah cuitan dalam bahasa China yang tampaknya berujuan untuk memberi tahu calon pembeli agar tidak menunggu model yang dimaksud.

Kabar bahwa penyegaran untuk Tesla Model Y bukan hal baru, sebab pada Maret lalu Reuters melaporkan bahwa Tesla sedang mempersiapkan modifikasi produksi Model Y, yang diharapkan mulai diproduksi pada Oktober 2024.

"Perubahan pada Model Y yang diberi nama kode Tesla Project Juniper melibatkan eksterior dan interior SUV," menurut laporan tersebut.

Berdasarkan keterangan seseorang yang mengetahui masalah tersebut, mengatakan bahwa Tesla secara terpisah telah meminta penawaran dari pemasok untuk komponen eksterior dan interior untuk Model Y versi Juniper, yang akan mulai diproduksi pada tahun 2024.