7 Capaian Penting Tesla Selama 2020, Ada yang Belum Terlaksana
CEO Tesla, Elon Musk (DigitalTrends)

Bagikan:

JAKARTA - Tesla telah mewujudkan sejumlah capaian pentingnya pada 2020. Pada 2019, Elon Musk, bos Tesla yang eksentrik ini telah mengumumkan sejumlah rencananya, namun tidak semua mampu diwujudkan sesuai jadwal.

Berikut ini sejumlah rencana Tesla yang berhasil diwujudkan dan yang tertunda pada 2020 sebagaimana yang dirangkum dari Business Insider.  

1. Fitur Full Self-Driving

Pada 2020, Tesla meluncurkan fitur full self-driving versi beta. Berdasarkan video yang diunggah di YouTube, pemilik Tesla menggunakan fitur ini dan berhasil melakukan perjalanan dari Los Angeles ke Las Vegas.

Meskipun fitur Full Self-Driving merupakan sistem tercanggih yang telah diluncurkan perusahaan, fitur ini tetap saja membutuhkan perhatian penuh dari pengemudi.

2. Menjual 500 Ribu Mobil

Pihak Tesla menargetkan bahwa pada awal 2020, pengiriman mobil listriknya akan mencapai setengah juta unit. Di penghujung tahun 2020, perusahaan hampir mencapai target tersebut, kurang 450 unit.

Tesla hampir mencapai target penjualan yang direncanakan sebelumnya. Hal ini bertentangan dengan prediksi Wall Street yang mengatakan bahwa penjualan mobil listrik akan terhenti karena menyedot biaya konsumen yang cukup besar di masa sulit ini.

3. Meluncurkan Tesla Model Y

Pada Januari 2020, Tesla berhasil meluncurkan produk mobil listriknya yang kelima, yaitu Tesla Model Y. Model ini melengkapi akronim seri mobil sebelumnya yang jika disusun secara utuh menjadi “S3XY.”

Tesla Model Y (TheVerge)

Dengan hadirnya model Y ini, perusahaan mengharapkan jumlah penjualan kendaraan listriknya meningkat dari tahun sebelumnya. Sayangnya, Tesla tidak menguraikan penjualan mobilnya berdasarkan kategori produk tapi menggabungkannya secara umum.

Tercatat selama 2020, mobil model 3s dan model Y telah terjual 442.511. Sebagai perbandingan, model Xs dan model S hanya terjual 57.039 saja.

4. Tesla Roadster Mendekati Orbit Mars

Sejak Tesla mengirimkan mobil Roadster Starman-nya ke luar angkasa dengan tujuan Mars pada 6 Februari 2018. Pada Oktober 2020, mobil tersebut diprediksi akan mendekati orbit Mars. Namun, sampai saat ini belum diketahui kapan Roadster akan mendarat di planet Merah.

Tesla Roadster Starman (TechCrunch)

5. Memproduksi Tequila dengan Merek Teslaquila

Pada Oktober 2018, Elon Musk memposting twit yang mengatakan bahwa Teslaquila akan segera hadir dengan gambar sebuah botol tequila. Pada November 2020, Musk berhasil meluncurkan merek minumannya secara terbatas. Teslaquila dijual seharga 250 dolar Amerika per botol (setara 3 juta lima ratus ribuan).

Teslaquila (Teslarati)

6. Robotaxi

“Tahun depan, pastinya, kami akan mempunyai 1 juta robotaxi di jalanan,” ucap Elon Musk dalam sebuah presentasi bertajuk Autonomy Day yang berlangsung pada bulan April 2019.

Namun, sampai saat ini Tesla belum meluncurkan taksi tanpa sopir itu dengan jumlah 1 juta armada. Rencana peluncuran Robotaxi akhirnya ditunda.

“Ketepatan waktu bukanlah keahlian saya, tapi pada akhirnya saya selalu berhasil,” bantah Musk untuk menunda waktu peluncuran Robotaxi. “Jadi, saya pikir, kita bisa melihat robotaxi beroperasi dengan jarngan armada pada tahun depan. Tidak di semua pasaran tapi hanya beberapa.”

7. Tesla Semi

Pada 2017, Tesla mengungkapkan bahwa mereka akan memproduksi truk yang ditenagai baterai. Kemudian perusahaan mengatakan bahwa mereka sedang menargetkan pengiriman pertama truk buatannya ini pada 2019.

Tesla Semi (TheVerge)

Ketika perusahaan melaporkan pendapatan kuartal ketiga 2019, mereka mengatakan “berencana memproduksi Tesla Semi dalam jumlah terbatas pada 2020.”