Tidak Hanya Mobil Listrik, Tesla Juga Kembangkan Panel Tenaga Surya
Atap tenaga surya Tesla yang terpasang di sebuah rumah (Tesla)

Bagikan:

JAKARTA - Tesla tidak hanya memproduksi mobil listrik saja. Perusahaan milik Elon Musk itu juga membuat atap tenaga surya atau Solar Roof untuk kepentingan publik. Solar Roof dirancang khusus untuk dipasang di atap rumah dan hunian lain.

Pemilik rumah yang memerlukan atap baru untuk menggantikan atap lama, biasanya merasa berat hati memasang panel surya di atap. Pasalnya, mereka harus melepas panel surya ketika atap diganti.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Tesla membuat genteng yang telah ditanami sel surya sehingga menghadirkan atap yang mampu menghasilkan daya listrik. Setelah beberapa kali ditunda, akhirnya Tesla meningkatkan pemasangan atap surya buatannya.

Pada kuartal terakhir, Tesla hampir melipatgandakan penerapan Solar Roof-nya hingga CEO Tesla, Elon Musk mengatakan bahwa hal tersebut akan menjadi “produk pembunuh” berikutnya.

Melansir Electrek, penambahan kapasitas tenaga surya kemungkinan akan mencetak rekor baru dengan penambahan kapasitas 15,4 GW pada jaringan AS di tahun 2021.

Administrasi Informasi Energi (EIA) telah mengumumkan bahwa tenaga surya memimpin sebanyak 39 persen dari total kapasitas pembangkit listrik terbarukan di AS. Di bawah tenaga surya, ada pembangkit listrik tenaga angin sebesar 31 persen atau 12,2 GW, kemudian gas alam sebesar 16% dan baterai 11 persen. Sedangkan nuklir hanya menghasilkan 3 persen saja.  

Dengan mempertimbangkan sebagian besar produk hunian, seperti rumah, vila, kantor, dan sejenisnya. Tesla memutuskan untuk meningkatkan pemasangan atap tenaga suryanya. Sebelumnya, Tesla telah memasang Solar Roof 24 kW di kawasan Florida.

“Itu merupakan atap surya terbesar pada masanya. Sekarang, kami telah mempelajari sistem baru dengan memperkecil Atap Surya Tesla ini,” ujar Tony Cho.

Adalah Tony Cho, pendiri Chozen Retreat mengklaim di akun Twitternya bahwa ia telah menyelesaikan pemasangan Tesla Solar Roof yang menutupi seluruh atap dan bisa menghasilkan listrik sebesar 44kW sebagaimana yang dikutip dari Gizmochina.

CEO Tesla, Elon Musk, membalas tweet tersebut dengan mengatakan bahwa itu adalah salah satu “instalasi Tesla Solar Roof terbaik” yang pernah dia lihat.

Tentunya, bianya pemasangan Solar Roof ini tidaklah murah. Namun, gagasan untuk beralih ke energi surya yang bersifat mandiri diharapkan akan segera terwujud beberapa tahun mendatang.