Mobil Tenaga Matahari Pertama yang Diperkenalkan William Cobb
Purwarupa Sunmobile (Sumber:Wikimedia Commons)

Bagikan:

JAKARTA - Energi terbarukan pada industri otomotif bukan barang baru. Mungkin tak banyak orang tahu bahwa hal itu sudah dikembangkan sejak medio abad ke-20. Buktinya, di tahun itu mobil tenaga surya sudah mulai dipamerkan.

Hari ini, 31 Agustus 65 tahun lalu atau pada 1955, Pebisnis William G. Cobb mendemonstrasikan mobil pertama bertenaga surya di dunia Sunmobile. Melansir History Mobil dengan panjang 38 cm itu diperkenalkan pada Pameran Mobil General Motors Powerama di Chicago, Illinois. 

Dalam pameran singkat itu, Sunmobile juga memperkenalkan sistem fotovoltaik –proses di mana sinar matahari diubah menjadi listrik ketika terpapar ke permukaan tertentu– ke dalam industri otomotif yang tengah gandrung dengan bahan bakar bensin.

Sistem itu membuat sinar matahari menyinari 12 sel fotolistrik yang terbuat dari selenium yang dibangun di dalam Sunmobile, arus listrik dihasilkan dan menggerakkan motor kecil. Lalu motor memutar poros penggerak kendaraan, yang dihubungkan ke poros belakangnya dengan katrol.

Sayangnya, Sunmobile terlalu kecil untuk dikendarai. Meski demikian, itu tidak menghentikan kerumunan pengunjung untuk melihatnya selama pameran otomotif senilai 7 juta dolar AS yang diselenggarakan selama sebulan. Para pengunjung juga mengagumi sekitar 250 pameran gratis yang digelar di 1 juta kaki persegi ruang di tepi Danau Michigan tersebut.

Mobil lain yang dipamerkan dalam General Motors Motorama (Sumber: Wikimedia Commons)

Disempurnakan

Mobil bertenaga surya yang benar-benar dapat dikendarai oleh manusia muncul pada 1962. The International Rectifier Company mengubah mobil listrik model vintage 1912 Baker untuk dijalankan dengan energi fotovoltaik pada 1958. Tetapi mereka tidak menunjukkannya sampai 4 tahun kemudian. Sekitar 10.640 sel surya dipasang di atap mobil Baker untuk membantu mendorong menggerakkan mobil.

Kemudian, pada 1977, seorang profesor Universitas Alabama membuat mobil tenaga surya Bluebird yang dipamerkan di Knoxville, Tennessee World's Fair 1982. Selama 80-an, para insinyur mulai bereksperimen dengan mobil balap bertenaga surya. 

Saat ini, lebih dari setengah abad setelah Cobb meluncurkan Sunmobile, mobil bertenaga surya yang diproduksi secara massal masih belum memasuki pasar di mana pun di dunia. Namun, kompetisi mobil tenaga surya diadakan di seluruh dunia, di mana tim desain mobil tenaga surya mengadu mobil buatannya masing-masing satu sama lain. Mobil tersebut diadu di balapan jalan raya, seperti North American Solar Challenge 2008, yang berjarak 3.862 km dari Dallas, Texas, ke Calgary, Alberta, Kanada.

Selain mobil mini futuristik buatan Cobb, pengunjung Powerama disuguhi tampilan berbagai produk yang menggunakan diesel GM, dari pengebor minyak, gin kapas, hingga kapal selam dan peralatan militer lainnya.