Mobil Sport EV Pertama Caterham Diperkenalkan Bulan Depan
Sebelumnya Caterham merilis Seven EV dengan kecepatan tertinggi 209 km/jam.

Bagikan:

JAKARTA - Pabrikan mobil asal Inggris, Caterham, merilis teaser gambar dari model terbaru yang akan diperkenalkan bulan depan dengan kode "Project V".

Berbeda dari model Caterham lain seperti Seven, Project V ditampilkan dengan desain lebih radikal dan berbeda dengan mengusung konsep mobil sport dua kursi.

Dikutip dari Autocar, Rabu, 7 Juni, diperkirakan bahwa mobil sport teranyar dari Caterham tersebut menjadi acuan pabrikan dalam transisi ke elektrifikasi.

"Ini adalah desain baru yang berani. Ini berfokus pada pengemudi, ringan dan menyenangkan untuk dikendarai. Inilah inti dari mobil sport dengan powertrain listrik. Ini adalah bukti. Ini adalah Project V," kata Caterham.

Mobil ini dipimpin oleh kepala desain baru, Anthony Jannarelly, yang terkenal mendesain hypercar, W Motors Lykan Hypersport.

"Saya akan mengatakan pada akhirnya ini adalah momen yang menyenangkan. Harapan utama saya adalah orang-orang akan memahami pesan yang datang dari Caterham," ucap Jannarelly.

Desain terbaru dari "Project V" tersebut akan dipamerkan pada Juli mendatang tepat perayaan ke-50 tahun Caterham.

Masih belum jelas apakah mobil tersebut nantinya merupakan konsep atau versi produksi, namun Caterham memiliki rencana dalam membangun kendaraan listrik di pabrik baru yang berada di Dartford, Inggris.

Caterham tidak memberikan tanggal penjualan pada model ini, namun mobil ini kemungkinan akan mencapai tahap produksi sesuai dengan keinginan CEO VT Holdings, Kazuho Takahashi, sebagai penyokong dana proyek.

Transisi Caterham menuju elektrifikasi semakin nyata ketika sebelumnya perusahaan merilis model Seven yang telah ditenagai listrik.

Caterham Seven tersebut dilengkapi dengan powertrain listrik yang memiliki daya 240 dk dan trosi 249 Nm yang dikembangkan oleh perusahaan Swindon Powertrain.

Meskipun mobil ini menjadi lebih berat karena baterai berkapasitas 51 kWh, Caterham Seven EV memiliki sistem pengisian daya yang cepat dengan DC fast-charging 152 kW dengan mengisi baterai hingga penuh dalam waktu 15 menit.

Seven EV bukanlah model produksi melainkan hanya prototype, mobil tersebut akan dipamerkan pada Festival Goodwood bulan depan.