2025 Volvo EX30, SUV Premium Kecil dengan Potensi Laris Manis
2025 Volvo EX30. (dok. Volvo)

Bagikan:

JAKARTA- Volvo resmi memperkenalkan EX30, SUV yang sepenuhnya listrik wujud komitmen Volvo dalam menghadirkan kendaraan mewah berkelanjutan yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan performa dan kenyamanan serta ditawarkan dengan harga terjangkau.

EX30 SUV merupakan SUV terkecil Volvo yang memiliki dimensi kompak, namun memiliki akselerasi tercepat yang pernah dibuat perusahaan di mana hanya butuh waktu 3,5 detik dari 0-100 km/jam.

2

Paling menarik adalah harganya, dengan harga awal sekitar 36.000 euro atau sekitar Rp574 juta pelanggan dapat memiliki SUV premium ini dengan harga yang sama atau setara dengan mesin pembakaran. Jelas untuk harganya sulit disamai pabrikan besar lain bahkan mobil Tesla terbaru sekalipun, seperti Tesla Model Y dengan harga 50.000 dolar AS atau Rp744 juta.

“Kami tahu bahwa mahalnya mobil listrik masih menjadi salah satu tantangan terbesar saat orang mempertimbangkan untuk beralih ke mobil listrik,” kata Jim Rowan, Chief Executive Volvo dalam ruang media Volvo, 7 Juni.

Dia menambahkan, hadirnya Volvo EX30 bertujuan untuk menghadirkan mobilitas listrik premium sepenuhnya ke audiens yang lebih luas, membantu memajukan dan mempercepat transisi ke elektrifikasi penuh yang dibutuhkan industri dan masyarakat.

Untuk SUV ini Volvo juga memberi kebebasan untuk memilih teknologi baterai yang paling sesuai dengan kebutuhan. EX30 hadir dengan tiga opsi powertrain dan dua jenis baterai yang berbeda.

2

Volvo menawarkan opsi motor tunggal dengan baterai rentang standar LFP, yang menggunakan bahan kimia litium besi fosfat, lebih hemat biaya dan lebih hemat sumber daya untuk diproduksi, artinya ini adalah pilihan terbaik jika tidak memerlukan jangkauan maksimum.

Lalu ada varian Single Motor Extended Range dengan baterai jarak jauh baterai NMC menampilkan lithium, nikel, mangan, dan kobalt, dan menghasilkan energinya lebih efisien daripada varian LFP. Opsi jarak jauh motor tunggal ini memberi jangkauan hingga 480 km sekali pengisian daya.

Untuk mendukung pengalaman berkendara terbaik, sasis EX30 telah disetel untuk memaksimalkan dimensi mobil yang ringkas. Pusat gravitasinya yang rendah, serta bobotnya yang relatif rendah dan merata dilengkapi dengan kemudahan berkendara dan kegesitan di dalam kota dan sekitarnya.

Selain keunggulannya dalam hal performa, EX30 SUV juga dirancang dengan desain yang menawan. Tampilannya yang modern dan elegan menggabungkan gaya yang khas dari Volvo dengan elemen-elemen futuristik. Kabinnya yang luas dan nyaman menawarkan pengalaman berkendara yang menyenangkan bagi pengemudi maupun penumpang.