Laris Manis, Volvo EX30 akan Diproduksi di Belgia Mulai 2025
Volvo EX30. (Dok. Volvo Cars)

Bagikan:

JAKARTA - Volvo telah meluncurkan model Volvo EX30 sebagai SUV berukuran kecil sekaligus menambah jajaran kendaraan listrik (EV) pabrikan. Mobil ini  menambah opsi konsumen yang ingin memiliki EV premium dengan harga terjangkau.

Pabrikan asal Swedia ini mengatakan mobil tersebut diproduksi di pabrik milik perusahaan induk, Geely, yang terletak di Zhangjiakou, China. Produksinya telah dilakukan lebih awal pada tahun ini.

Selain itu, berhubung permintaan tinggi akan EX30 di pasar global, perusahaan juga akan memproduksi crossover ini di wilayah Eropa. Diketahui, harga awal SUV premium ini sekitar 36.000 euro atau sekitar Rp574 juta.

Dilansir dari Autocar, Kamis, 26 Oktober, Volvo telah memutuskan untuk memperluas jalur produksinya di Ghent, Belgia, mulai 2025 mendatang.

Perakitan mobil ini di Eropa akan mengantisipasi tingginya permintaan EX30 di Eropa sekaligus permintaan global. Saat ini, pabrik Ghent memproduksi model seperti XC40 dan C40 Recharge.

Volvo EX30 memiliki dimensi yang kompak, dengan panjang 4.223 mm, lebar 1.937 mm, tinggi 1.555 mm, dan wheelbase 2.650 mm.

Mobil ini dilengkapi dengan pelek alloy 18 inci, lampu depan LED, sistem kontrol iklim satu zona, bangku depan yang dapat diatur, dan layar tengah 12,3 inci yang mengendalikan berbagai fungsi. Sistem infotainmen juga mendukung koneksi dengan Android Auto dan Apple CarPlay.

Varian Single Motor Extended Range dilengkapi dengan sejumlah fitur tambahan yang meningkatkan kenyamanan, seperti sistem audio Harman Kardon, pencahayaan ambient, kamera 360 derajat, Lane Change Alert, dan atap panoramik.

Berbicara soal spesifikasi, Volvo menawarkan opsi motor tunggal dengan baterai rentang standar LFP, yang menggunakan bahan kimia litium besi fosfat, lebih hemat biaya dan lebih hemat sumber daya untuk diproduksi, artinya ini adalah pilihan terbaik jika tidak memerlukan jangkauan maksimum.

Lalu ada varian Single Motor Extended Range dengan baterai jarak jauh baterai NMC menampilkan lithium, nikel, mangan, dan kobalt, dan menghasilkan energinya lebih efisien daripada varian LFP. Opsi jarak jauh motor tunggal ini memberi jangkauan hingga 480 km sekali pengisian daya.

Dengan spesifikasi tersebut, EX30 dapat melaju dengan akselerasi tercepat yang pernah dibuat perusahaan di mana hanya butuh waktu 3,5 detik dari 0-100 km/jam.

EX30 merupakan salah satu dari sekian mobil elektrifikasi yang telah diperkenalkan oleh brand asal Swedia ini, selain EX90, XC40 Recharge, dan C40 Recharge.