Bagikan:

JAKARTA - Perkembangan kendaraan listrik saat ini mengalami peningkatan signifikan. Banyak pabrikan telah meluncurkan sejumlah model ikonik mereka yang dulunya berbahan bakar bensin dengan tenaga baterai atau listrik. Terbaru adalah Caterham yang telah mengembangkan versi listrik dari mobil ikoniknya, Seven.

Merek otomotif asal Inggris ini akan memperkenalkan dua unit prototipe Caterham Seven yang menggunakan tenaga listrik pada acara Goodwood Festival of Speed, yang akan berlangsung pada bulan Juli mendatang.

Dikutip dari Autocar, 24 Mei, Caterham Seven dilengkapi dengan powertrain listrik berkekuatan 240 dk dan torsi 249 Nm yang dikembangkan oleh perusahaan Swindon Powertrain.

Dengan motor listrik tersebut, Ceterham Seven diklaim mampu berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam dalam waktu sekitar 4 detik. Namun, pabrikan tidak membeberkan perihal kecepatan puncak.

Dengan dibekali baterai berkapasitas 51 kWh, Caterham Seven EV tersebut dapat didukung pengisian daya cepat DC berkekuatan lebih 152 kW dalam waktu 15 menit hingga baterai penuh.

Nah dengan dikonversi ke tenaga listrik ini membuat Caterham Seven memiliki bobot yang cukup berat jadi 700 kg. Ini lebih berat 70 kg daripada Seven 485 yang ditenagai ICE.

Karena mobil ini hanya prototype, Caterham Seven EV tidak untuk diproduksi. Setelah Seven ditampilkan dalam Festival Goodwood, Caterham akan memperkenalkan sebuah konsep listrik pada akhir 2023.