Jamie Lynn Spears Kritisi Kesenyapan Mobil Listrik Tesla
Ilustrasi Tesla. (Vlad Tchompalov/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Aktris sekaligus penyanyi Jamie Lynn Spears mengkritisi senyapnya mobil bertenaga listrik saat dikemudikan. Ini tidak lepas dari kematian kucing miliknya yang tertabrak Tesla. 

Melansir CNN, Jamie Lynn dalam video yang telah dihapus di Instagram miliknya menyebut, kucingnya mati tertabrak mobil Tesla yang tidak pernah terdengar saat melintas. Ia pun menyebut-nyebut nama CEO Tesla, Elon Musk.

"Kami kehilangan. Saya tidak ingin memberitahu Anda, berapa banyak kucing yang mengalami hal tragis lantaran mereka tidak mendengan suara Tesla," kata selebritas yang juga saudara perempuan Britney Spears ini.

"Elon Musk, mari kita cari tahu. Kamu berhutang kepadaku sepasang kucing," imbuhnya.

Jamie Lynn pun menginginkan agar Tesla mengeluarkan suara yang mengganggu saat akan melintas, sehingga hewan-hewan akan menyingkir. Ini untuk menghindari terulangnya peristiwa hewan tertabrak secara tragis. 

Belum ada tanggapan dari pihak Tesla terkait hal ini. Namun, aturan untuk memiliki suara bagi kendaraan listrik sudah diterapkan di Amerika Serikat. Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) AS mulai September 2020 mewajibkan mobil listrik mengeluarkan suara minimal 43 desibel, saat melaju dengan kecepatan kurang dari 29,6 mil per jam. 

"Standar ini akan membantu memastikan bahwa pejalan kaki buta, tunanetra, dan lainnya dapat mendeteksi dan mengenali kendaraan hibrida dan listrik terdekat," kata NHTSA dalam perintahnya.

Sementara di Eropa, semua model kendaraan listrik dan hibrida yang dikembangkan dan dijual di Uni Eropa, wajib dilengkapi dengan sistem suara akustik. Peraturan ini berlaku sejak Juli 2019 silam.