<i>Year in Search</i> Paling Populer di Google Indonesia, dari Omnibus Law hingga Odading
Ilustrasi (Solen Feyissia / Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Menjelang akhir tahun, Google kembali merilis daftar tahunan yang berisi rangkuman pencarian sepanjang tahun 2020. Berbagai tren topik pencarian, menggambarkan hal apa saja yang terjadi di sepanjang tahun ini, tak terkecuali di Indonesia. 

"Year in Search menunjukkan bahwa di tahun 2020 adalah waktu yang penuh tantangan, perubahan, dan begitu banyak pertanyaan. Namun, kita bisa melihat bahwa orang Indonesia tangguh dan terus maju menghadapi tantangan dan perubahan ini," ungkap Fida Heyder, Head of Consumer Apps Marketing Google Indonesia dalam konferensi pers virtual, Rabu 9 Desember.

Menurut Fida, tidak hanya menunjukkan ketahanan dan beradaptasi, tapi kondisi normal baru juga mungkin telah memberikan perspektif baru bagi Indonesia, "Seperti mendorong kebiasaan baru, meningkatkan keterampilan, hingga menciptakan terobosan," sambung Fida.

Di tahun ini, bukan sekadar tantangan baru yang dihadapi orang Indonesia, melainkan mereka juga berusaha memahami kabar terbaru. Misalnya saja isu-isu nasional seperti Omnibus Law, Resesi, Kartu Pra-Kerja hingga kuliner yang sempat viral Odading dan WFH.

Penelusuran yang trending tahun ini juga menunjukkan bagaimana orang Indonesia tergerak oleh tindakan. Seperti munculnya kata kunci "cara membuat hand sanitizer," "cara mendaftar UKM online," "cara menjadi reseller," hingga "cara menjadi YouTuber pemula" adalah beberapa penelusuran yang menduduki tren teratas tahun ini.

Begitupun di era new normal yang juga menggerakan kebiasaan-kebiasaan baru, mempelajari keterampilan baru dari kegiatan belajar hingga gaya hidup. Didapati juga pencarian seperti "Google Classroom," "apa itu kuota belajar," "cara masuk ke Google Classroom," hingga "sepeda lipat" termasuk di antara penelusuran yang jadi tren teratas di tahun ini.

Bahkan, pertumbuhan minat pada hiburan dari Korea di Indonesia selama beberapa tahun ke belakang, tetapi uniknya, tahun ini terdapat peningkatan yang signifikan dari hiburan Korea di banyak kategori mulai dari lagu, aktor atau aktris, serial TV, hingga resep.

Daftar pencarian populer di Google (Google Indonesia)

Di samping itu, kebiasaan baru tak hanya menyebabkan perubahan reaksi, konsumsi informasi dan hiburan tetapi jugammempengaruhi gaya hidup, bahkan mencetak rekor baru.

Hal ini jelas terpancar pada hasil penelusuran tren teratas dari sosok dan kisah yang menghibur, hingga karya asal Indonesia di sepanjang tahun ini.

Contohnya seperti film Tilik, film pendek yang di rilis di YouTube pertama ini masuk sebagai salah satu film yang trending sepanjang tahun ini di Google Search di Indonesia.

Selain sosok dan karya baru yang masuk dalam beragam kategori tren pencarian, komedian Bintang Emon, tahun ini juga merupakan tahun denganbanyak kepergian. Mulai dari puluhan ribuan nyawa terdampak COVID-19, hingga para ikon legendaris yang selamanya hidup dalam budaya dan masyarakat Indonesia seperti Didi Kempot, Glenn Fredly, Omas, dan sederet nama besar lainnya.

Secara keseluruhan, ada 9 kategori yang diumumkan tahun ini, di antaranya, Siapa, Kepergian Tokoh, Peristiwa Nasional, Lirik Lagu, Apa itu, Bagaimana Cara, Resep, Film dan daftar utama Tren Penelusuran.