3 Tren Teknologi yang Dipamerkan di CES 2021
CES 2021

Bagikan:

JAKARTA - Ajang Consumer Electronic Show (CES) 2021 resmi digelar. Acara ini digelar selama tiga hari hingga 14 Januari mendatang.

Untuk diketahui, CES 2021 merupakan ajang pameran teknologi terbesar perdana yang digelar secara virtual setelah 53 tahun diadakan secara offline lantaran saat ini masih pandemi COVID-19. Semua pertemuan dilakukan dengan konferensi video dan pengalaman virtual.

Meski diadakan secara virtual, tak ada yang berubah dengan ajang tersebut. CES masih menjadi ajang untuk memamerkan teknologi serta elektronik terbaru bagi perusahaan teknologi seperti cloud, kecerdasan buatan (AI), analitik, IoT, dan 5G.

Baik Anda seorang CIO, pekerja TI, pengembang, maupun profesional bisnis, kita semua perlu memahami bagaimana teknologi ini digunakan dalam produk konsumen dan bagaimana mereka akan memengaruhi perusahaan, komunitas, dan karier kita.

Di CES 2021, ada tiga tren besar yang harus diperhatikan oleh para profesional teknologi dan CIO seperti dinukil dari laman Zdnet.

1. Kesehatan, kebugaran, dan keselamatan kerja

Saat vaksinasi COVID meningkat di seluruh dunia; gedung perkantoran, dan ruang pertemuan umum akan dibuka kembali, perjalanan akan meningkat, serta kehidupan akan normal kembali seperti sediakala.

Namun itu akan menjadi kehidupan 'New Normal' yang ditandai dengan lebih banyak lingkungan kerja hybrid, peningkatan ketergantungan pada e-commerce dan layanan berbasis pengiriman.

Selain itu akan ada pertumbuhan dalam penggunaan perangkat pemantauan kesehatan fisik dan mental, serta banyak teknologi baru untuk membantu orang-orang bisa berkumpul dengan aman.

Perusahaan teknologi yang memainkan peran penting dalam dukungan teknologi tersebut di antaranya akan dipamerkan di CES.

2. Teknologi yang menjembatani kehidupan pribadi dan pekerjaan

Dengan kehidupan 'New Normal', kini semakin banyak rumah yang telah berubah fungsi menjadi tempat kerja. Maka dari itu semakin banyak juga manufaktur teknologi yang merancang perangkat untuk memfasilitasi transisi yang mulus antara bekerja dan bermain.

Mereka secara aktif memasarkan fungsi ini kepada konsumen dan juga sekaligus pembuat keputusan teknologi bisnis.

Mengingat pertimbangan privasi, keamanan, dan konektivitas seputar jenis teknologi ini, para pemimpin teknologi juga harus memantau tren ini dengan sangat cermat, dan CES adalah tempat yang tepat untuk melihat banyak pekerja teknologi akan menggunakan rumah sebagai kantor mereka.

3. Teknologi 5G

Dalam waktu dekat, teknologi 5G tidak akan menggantikan infrastruktur 4G. Namun, bandwith tinggi dan latensi rendah bisa dikombinasikan dengan edge computing sehingga dapat menyediakan konektivitas hampir real-time untuk sistem SCADA (Supervisory Control Data Acquisition), perangkat IoT, drone, dan mobil otonom.

Teknologi 5G juga dapat mendukung lebih banyak perangkat per mil persegi daripada 4G yang di mana teknologi ini berguna dengan pesatnya perkembangan perangkat yang terhubung ke jaringan. Singkatnya, 5G akan memungkinkan banyak kemajuan teknologi yang akan kita lihat dalam dekade ini.