Bagikan:

 

JAKARTA – Rayakan ulang tahun pertamanya di Indonesia, IQOO memperkenalkan penerus dari seri flagship pertama mereka, yaitu IQOO 12. Peluncuran ini diadakan pada Kamis, 7 Desember.

Masih menggunakan tema Monster Inside, IQOO 12 merupakan produk kolaborasi dengan BMW M Motorsport, perusahaan otomotif Jerman. Maka dari itu, IQOO menambahkan logo BMW di bagian back cover pada salah satu variannya.

Ponsel ini  membawa chipset baru dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 8 Gen 3. Chipset ini baru pertama kali masuk ke Indonesia sehingga Qualcomm hadir dalam peluncuran kali ini.

Senior Manager Business Development Qualcomm Indonesia, Dominikus Susanto, mengatakan bahwa Snapdragon 8 Gen 3 merupakan salah satu prosesor yang paling banyak ditunggu. Pasalnya, chipset ini akan menghadirkan performa yang tinggi.

“Snapdragon 8 Gen 3 akan memberikan sebuah experience yang lebih nyaman kepada para penggunanya, baik itu untuk fotografi, untuk game, untuk kerja multi-tasking, dan didukung dengan konektivitas yang lebih bagus,” kata Dominikus saat peluncuran IQOO 12.

IQOO 12  diklaim hadir dengan teknologi terbaik. Head and Product IQOO Indonesia, Raditya Putra, mengatakan bahwa IQOO 12 menggunakan baterai 5.000mAh dengan dukungan Pro-Performance Graphine Battery.

Baterai ini memiliki fitur Negative Electrode Graphite Reconstruction Technology, fitur yang sangat diperlukan untuk mendukung kemampuan fast charging. IQOO pun menjanjikan kemampuan flashcharge dengan 120W hanya dalam 27 menit.

Selain kemampuan pengisian dayanya, IQOO 12 menghadirkan teknologi Zero Percent Instant Startup yang membuat ponsel menyala dengan cepat. Raditya mengatakan bahwa IQOO 12 mampu menampilkan logo hanya dalam waktu 3 detik.

Sementara itu, untuk tampilan layarnya, IQOO 12 dihadirkan dengan ukuran 6,78 inci dan refresh rate 144Hz. Ponsel ini menggunakan layar LTP AMOLED Display dengan resolusi 2800 x 1260 dan Wet Touch Technology untuk menjaga layar bekerja dengan baik saat tangan sedang basah.

IQOO 12 juga mendukung kemampuan bermain game dengan Supercomputing Chip Q1. Teknologi ini membuat IQOO 12 hadir dengan game super resolution, super frame rate hingga 144 FPS, dan kontrol latensi rendah mencapai 35,42 milidetik.

Komponen terakhir yang tidak bisa diabaikan adalah kemampuan kameranya. IQOO 12 hadir dengan Legendary Triple Camera System 64MP dengan 3x optical zoom, 10x zoom, dan 100x digital zoom. IQOO 12 juga memiliki Astropgraphy Camera 50MP dan Ultra-Wide Angle 50MP.

Ponsel ini akan hadir dengan dua varian, yaitu Legend dengan tampilan simple berwarna putih yang memiliki logo BMW di back cover dan Alpha dengan tampilan elegan berwarna hitam legam.

Ada beberapa ponsel yang juga membawa chipset Snapdragon 8 Gen 3 seperti Xiaomi 14 series dan OnePlus 12. RAM dari Xiaomi 14 series lebih bervariasi dibandingkan IQOO 12, mulai dari 8GB hingga 16GB. Namun, pengisian dayanya hanya mencapai 90W.

Sementara itu, OnePlus 12 hadir dengan RAM yang lebih tinggi, yaitu 12GB hingga 24GB. Penyimpanannya pun lebih beragam mulai dari 256GB sampai 1TB. Akan tetapi, kemampuan pengisian dayanya masih tertinggal dari IQOO 12 dengan 100W.