Hyundai dan Kia Recall 91.000 Kendaraan Baru di AS, Pemilik Dianjurkan Parkir di Luar karena Berisiko Terbakar
Hyundai Palisade 2023. (Dok. Hyundai)

Bagikan:

JAKARTA- Hyundai dan Kia mengumumkan pada Kamis, 4 Agustus, bahwa mereka akan melakukan recall lebih dari 91.000 kendaraan baru di Amerika Serikat karena risiko kebakaran, dan mendorong para pemilik kendaraan untuk memarkir kendaraan di luar ruangan dan menjauh dari struktur bangunan sambil menunggu perbaikan dilakukan.

Recall ini dikutip dari Reuters, 4 Agustus, mencakup kendaraan Hyundai Palisade 2023-2024, Tucson 2023, Sonata, Elantra, dan Kona, serta kendaraan Kia Seltos 2023-2024 dan Kia Soul 2023 dan Sportage.

Sekitar 52.000 kendaraan Hyundai dan hampir 40.000 kendaraan Kia tercakup dalam recall ini. Kedua perusahaan otomotif asal Korea ini mengungkapkan bahwa kontrol elektronik untuk perakitan pompa minyak Idle Stop & Go mungkin mengandung komponen listrik yang rusak yang dapat menyebabkan pompa tersebut mengalami overheat. Para pemilik akan diberi pemberitahuan pada akhir September dan seluruh diler akan memeriksa dan mengganti kontroler pompa minyak listrik sesuai kebutuhan.

Kia mengatakan bahwa mereka menerima enam laporan kejadian termal yang berpotensi terkait hal tersebut, tetapi tidak ada kecelakaan atau cedera yang dilaporkan, sementara Hyundai menerima empat laporan serupa. Kedua perusahaan otomotif ini menginformasikan kepada Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) bahwa bagian yang dicurigai telah dihilangkan dari produksi pada bulan Maret.

Hyundai telah memberitahu para diler bahwa kendaraan pengganti harus disediakan untuk pelanggan yang merasa tidak aman mengoperasikan kendaraan mereka sampai perbaikan recall tersedia. Hyundai juga mengatakan bahwa jika pemilik melaporkan adanya bau terbakar atau meleleh, mereka harus langsung menghubungi diler Hyundai terdekat dan tidak mencoba mengemudikan kendaraan.

Selain risiko kebakaran, kerusakan akibat panas juga bisa menyebabkan korsleting yang memengaruhi kontroler kendaraan lainnya, demikian dijelaskan oleh Hyundai.

Diketahui, pada bulan Desember 2022, Hyundai juga menerima laporan tentang kerusakan panas pada kabel harness/connector pompa minyak listrik pada kendaraan Hyundai Palisade 2023, yang memicu perusahaan untuk membuka penyelidikan. Sedangkan Kia mengatakan bahwa pada bulan Juni, mereka menerima laporan melelehnya komponen pada kendaraan Soul 2023.