Ada Risiko Terbakar, Hyundai dan Kia Minta hampir 500.000 Pemilik Kendaraan Parkir di Luar
Ilustrasi SUV Hyundai. (Wikimedia Commons/Alexander Migl)

Bagikan:

JAKARTA - Produsen otomotif Hyundai dan Kia memberi tahu pemilik hampir 500.000 mobil dan SUV besutan mereka di Amerika Serikat, untuk parkir di luar dan jauh dari gedung karena kemungkinan cacat yang dapat menyebabkan kendaraan terbakar secara spontan, bahkan saat tidak berjalan.

Masalahnya adalah, karena "kontaminan asing", modul kontrol komputer rem anti-lock dapat mengalami korsleting dan mungkin memicu kebakaran di kompartemen mesin.

Terkait ini, Hyundai mengeluarkan penarikan untuk model tahun 2016-2018 SUV Santa Fe, SUV Santa Fe Sport 2017-2018, model Santa Fe XL 2019 dan SUV Tucson 2014-2015.

Sementara, Kia menarik kembali sedan K900 2016-2018 dan SUV Sportage 2014-2016. Secara total, Hyundai melakukan recall sebanyak 357.830 unit sedangkan Kia melakukan recall sebanyak 126.747 unit, mengutip CNN 8 Februari.

Dealer akan memeriksa modul kontrol pengereman anti penguncian kendaraan, sistem komputer kecil yang mengontrol sistem pengereman darurat anti penguncian kendaraan, dan dapat menggantinya dengan yang baru.

Selain itu, dealer juga akan mengganti sekering yang mengontrol arus listrik ke unit kontrol pengereman anti-lock tanpa biaya kepada pemilik. Sekering baru akan mengurangi jumlah daya yang masuk ke modul.

Diketahui, produsen mobil Korea Selatan Hyundai dan Kia memiliki hubungan dekat. Hyundai Motor Group, perusahaan induk Hyundai, memiliki saham pengendali di Kia, dan kedua perusahaan tersebut berbagi banyak teknik dalam berbagai model mereka. Di Amerika Serikat, bagaimanapun, mereka beroperasi sebagai dua perusahaan yang sepenuhnya terpisah.

Dalam dokumen yang diajukan ke Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) AS, Kia mengatakan pihaknya mengetahui tiga kendaraan yang terbakar. Perusahaan juga mengatakan pemilik dapat terus mengemudikan kendaraan dengan aman, tetapi mereka harus diparkir jauh dari bangunan atau struktur apa pun.

Pemilik Kia yang merasa kendaraan mereka mungkin terlibat dapat menghubungi dealer Kia atau departemen layanan pelanggan perusahaan. Pemilik juga dapat memeriksa situs web keamanan otomatis NHTSA.

Terkait