Bagikan:

JAKARTA - Dua perusahaan otomotif ternama dari Korea, Hyundai Motor Company dan Kia Corporation mengumumkan kemitraan strategis dengan Samsung Electronics untuk meningkatkan integrasi antara software-defined vehicles (SDV) dan ponsel pintar.

Hyundai dan Kia akan memanfaatkan kemitraan ini dengan menawarkan sistem perangkat lunak yang canggih. Ini bertujuan untuk menyediakan meningkatkan sistem infotainmen terbaru yang diluncurkan pada 2026 mendatang.

President and Head of Hyundai Motor Group Advanced Vehicle Platform Division Chang Song, mengatakan fitur tersebut dapat memperkuat posisi perusahaan sebagai penyedia layanan mobilitas yang canggih.

“Tujuan kami adalah untuk memperkaya pengalaman mobilitas pelanggan Hyundai Motor dan Kia dengan menawarkan layanan yang dipersonalisasi lebih dari sekadar transportasi, mengintegrasikan kendaraan dengan ponsel cerdas secara mulus,” kata Song dalam laman resmi Hyundai, Jumat, 27 September.

Sebagai hasil dari perjanjian ini, baik Hyundai maupun Kia akan mengembangkan teknologi secara organik yang menghubungkan SDV dan ekosistem ponsel pintar menggunakan ‘SmartThings’ dari Samsung.

Dengan berintegrasi dengan platform Internet of Things (IoT) global, mereka bertujuan untuk memperkaya pengalaman mobilitas pelanggan, menghubungkan seluruh proses penggunaan kendaraan ke ponsel pintar dan mempercepat transisi ke SDV yang sebenarnya.

Sistem terbaru ini juga akan memperkenalkan layanan verifikasi lokasi kendaraan yang kini diperluas melalui penghubung dengan ‘SmartThings Find’ yang melacak lokasi kendaraan global.

Layanan ini dapat diakses melalui jaringan crowdsourced dari ratusan juta perangkat Samsung Galaxy yang menggunakan teknologi Bluetooth Low Energy (BLE) untuk melaporkan lokasinya, tanpa batasan terkait jangkauan seluler.

Pemilik kendaraan dapat dengan mudah memeriksa lokasi kendaraan melalui aplikasi Connected Car Service dalam situasi yang tidak terduga, seperti lupa pada tempat parkir atau terjadi pencurian.

Karena sudah mengusung teknologi terdepan, pelanggan Hyundai maupun Kia yang tidak terdaftar dalam fitur ini dapat mengecek lokasinya melalui Samsung SmartThings.

Hyundai Motor dan Kia juga akan menyederhanakan proses pendaftaran anggota baru dengan menghubungkan akun pengguna dengan Samsung.

Ke depannya, mereka berencana untuk memberikan layanan yang dioptimalkan untuk gaya hidup dan selera pelanggan, seperti layanan kesehatan, perawatan hewan peliharaan, dan interior kendaraan, serta terus bekerja sama dengan Samsung untuk menghadirkan pengalaman mobilitas baru.