Bagikan:

JAKARTA - Saat ini, sejumlah pabrikan otomotif sedang berupaya keras untuk menghasilkan kendaraan listrik yang tidak menghasilkan emisi. Tak hanya berfokus pada inovasi dalam kendaraan listrik itu sendiri, banyak perusahaan juga mengambil langkah-langkah dan meluncurkan program-program untuk mendukung keberlanjutan lingkungan.

Salah satu langkah terbaru datang dari Gogoro, pelopor dalam industri sepeda motor listrik, yang berasal dari Taiwan. Mereka baru-baru ini mengumumkan kemitraan dengan merek gaya hidup Jepang, Muji.

Kedua perusahaan ini bergandengan tangan untuk menciptakan edisi khusus skuter pintar, serta rangkaian merchandise yang terkait. Mereka bekerja bersama dengan desainer ternama Muji, Naoto Fukasawa, untuk meluncurkan kampanye "Recycling for Good" yang bertujuan untuk mendaur ulang limbah plastik.

Rabu, 2 Agustus, laman rideapart melaporkan bahwa inisiatif keberlanjutan ini bertujuan untuk mengurangi volume limbah plastik polipropilen dan menggunakannya kembali sebagai bahan untuk bodi plastik skuter listrik terbaru yang mereka rancang.

Hasil kerja sama ini telah melahirkan dua model skuter ramah lingkungan, yaitu Viva ME dan Viva Mix ME. Kedua skuter ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan mobilitas perkotaan. Naoto Fukasawa terlibat langsung dalam mendesain keduanya, dengan memasukkan elemen desain khas Muji seperti warna, bodywork, dan bentuk yang ramah pengguna.

“Kerja sama antara Gogoro dan Muji adalah sinergi yang sangat wajar. Keduanya adalah merek yang populer dan saat mereka bekerja bersama, hasilnya lebih dari sekadar penjumlahan. Ini tentang menciptakan nilai yang lebih besar daripada yang diharapkan," kata Fukasawa.

Skuter hasil kerja sama ini, Viva Smart Scooters, akan menggunakan panel bodi yang terbuat dari bahan ramah lingkungan. Inilah yang membuat Muji tertarik untuk bergabung dalam proyek ini.

Namun, inisiatif keberlanjutan "Recycling for Good" ini bukan hanya tentang penggunaan ulang plastik pada skuter. Lebih dari itu, ini juga mengajak masyarakat untuk mengubah gaya hidup mereka agar lebih sadar akan masalah sampah plastik.

Gogoro memang telah menunjukkan komitmen terhadap program-program berkelanjutan yang bertujuan menjaga kebersihan lingkungan. Pada tahun 2019, perusahaan ini pertama kali memperkenalkan penggunaan panel bodi yang terbuat dari plastik polipropilen daur ulang pada skuter mereka, yang diberi nama Gogoro 3 Smart Scooter.