Motor Listrik Premium Ini akan Dirakit di India
Zero DSR/X , motor petulangan ini dibanderol seharga Rp367 jutaan. (Dok. Zeromotorcycles)

Bagikan:

JAKARTA - Hero MotoCorp telah lama menjadi produsen sepeda motor terbesar di India, dan India sendiri merupakan pasar sepeda motor terbesar di dunia. Meskipun Honda masih mengungguli Hero dalam hal produksi sepeda motor secara global, kemampuan Hero dalam manufaktur, pengadaan, dan pemasaran tentu tidak bisa dianggap remeh.

Selain berpengalaman dalam memproduksi sepeda motor berbahan bakar konvensional baik dalam format sepeda motor maupun skuter, Hero juga baru saja merilis sepeda motor listrik pertama mereka pada awal 2022. Sepeda motor listrik tersebut bernama Vida V1, dan teknologinya didukung oleh kerja sama Hero dengan perusahaan skuter dan teknologi listrik asal Taiwan, Gogoro.

Namun sebelumnya pada akhir September 2022, raksasa sepeda motor asal India ini membuat pengumuman investasi sebesar 60 juta dolar AS di produsen sepeda motor listrik berbasis di California, yaitu Zero Motorcycles.

Kekinian, dari Laporan Tahunan terbaru Hero MotoCorp terungkap rencana mereka terkait kemitraan dan investasi dengan Zero Motorcycles.

Laporan tersebut mengungkap rencana kemitraan Hero dengan Zero Motorcycles, memungkinkan Hero untuk bersama-sama mengembangkan sepeda motor listrik premium, dengan memanfaatkan keahlian mereka untuk menciptakan kendaraan listrik inovatif dan bertenaga tinggi.

3
Zero RS, memiliki jarak tempuh 272 km dalam sekali pengisian daya. (Dok. Zeromotorcycles)

Hero bertujuan untuk menjangkau segmen konsumen yang lebih luas dan memanfaatkan peralihan global menuju mobilitas listrik. Selanjutnya, laporan tersebut menyatakan bahwa "kolaborasi ini menggabungkan keahlian dari Zero dengan kemampuan Hero MotoCorp dalam hal manufaktur, pengadaan, dan pemasaran".

"Kami baru saja bermitra dengan Zero Motorcycles untuk mengembangkan sepeda motor listrik premium. Ini akan menjadi kekuatan tambahan yang signifikan dalam perjalanan mobilitas berkelanjutan kami. Kemitraan ini memungkinkan kami untuk menggabungkan keahlian kelas dunia dari Zero dalam mengembangkan mesin dan sepeda motor listrik dengan kemampuan manufaktur dan distribusi kami," demikian bunyi laporan tersebut, dilansir dari Rideapart, 27 Juli.

Zero Motorcycles yang berpusat di California dikatakan juga akan memproduksi produknya di India. Jika ini benar maka akan berkompetisi dengan produsen sepeda motor listrik premium lain, Energica, yang telah secara terbuka menyatakan niatnya untuk masuk ke pasar India pada tahun 2024.