Bagikan:

JAKARTA - Semakin meningkatnya perhatian masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik, seperti mobil dan motor, yang menggunakan teknologi ramah lingkungan menjadi sorotan belakangan ini.

Menurut Fransiscus Leo Chandra, Associate Vice President of Category Development Tokopedia, penjualan mobil listrik secara online melalui platform Tokopedia mengalami peningkatan hampir 4 kali lipat selama kuartal II 2023 dibandingkan dengan kuartal II 2022. Sementara itu, penjualan motor listrik melalui Tokopedia meningkat hampir 10 kali lipat pada periode yang sama.

“Tren penggunaan kendaraan listrik di Indonesia yang terus meningkat cenderung didorong oleh kehadiran berbagai infrastruktur penunjang. Mulai dari tempat isi ulang daya listrik yang makin banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, hingga kebijakan yang ramah pengguna kendaraan listrik seperti bebas dari aturan ganjil genap,” kata Leo, dalam keterangan yang diterima VOI, 27 Juli.

Tingginya minat masyarakat terhadap kendaraan listrik juga terlihat dari data Tokopedia yang mencatat adanya peningkatan transaksi mobil listrik di beberapa daerah di Indonesia. Jakarta dan Bandung menjadi beberapa daerah dengan peningkatan tertinggi transaksi mobil listrik lewat Tokopedia, dengan kenaikan rata-rata hampir 5,5 kali lipat selama kuartal II 2023 dibandingkan dengan kuartal II 2022. Sementara itu, Palembang, Semarang, dan Surabaya mencatat peningkatan tertinggi transaksi motor listrik lewat Tokopedia, dengan kenaikan rata-rata hampir 16 kali lipat selama periode yang sama.

Tokopedia sendiri berkomitmen untuk mempermudah masyarakat yang ingin beralih ke kendaraan listrik melalui kampanye Tokopedia Garage. Dalam kampanye ini, masyarakat dapat membeli kendaraan listrik, baik mobil maupun motor, dengan diskon hingga Rp10.000.000 melalui Tokopedia Garage. Dukungan ini sejalan dengan komitmen "Tiga Nol" GoTo, termasuk komitmen untuk nol emisi karbon (Zero Emission) dengan mendorong penggunaan kendaraan listrik.

Sebagai informasi tambahan, beberapa pelaku usaha otomotif di Tokopedia juga memberikan tips bagi pemula yang ingin membeli kendaraan listrik. Dalam memilih mobil atau motor listrik, penting untuk memperhatikan jarak tempuh kendaraan dalam sekali pengisian daya serta meningkatkan daya listrik di rumah bila perlu untuk mengakomodasi pengisian daya motor listrik. Selain itu, penting juga untuk memperhatikan lokasi stasiun pengisian daya kendaraan listrik yang mudah dijangkau dari tempat tinggal dan tempat-tempat umum yang sering dikunjungi. Terakhir, pastikan membeli kendaraan listrik dari toko dengan layanan purna jual yang mumpuni dan memeriksa masa garansi baterai mobil atau motor listrik yang dibeli.

Dengan semakin mudahnya akses dan peningkatan minat masyarakat terhadap kendaraan listrik, diharapkan penggunaan kendaraan ramah lingkungan ini dapat semakin berkembang di Indonesia, sekaligus berkontribusi dalam upaya mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.