Panasnya Musim Kemarau, Berikut Perawatan Kendaraan yang Perlu Diperhatikan
Foto ilustrasi. (Dok. Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Musim kemarau yang berkepanjangan selalu diiringi dengan suhu udara yang panas. Kondisi ini mengundang masyarakat banyak yang beralih menggunakan kendaraan pribadi untuk memulai aktivitas sehari-hari. Tentu saja, dalam situasi seperti ini, perawatan kendaraan menjadi lebih penting daripada sebelumnya. Namun, apakah cuaca panas ini akan mempengaruhi performa mesin kendaraan atau tidak?

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, cuaca panas sebenarnya tidak akan berpengaruh signifikan terhadap performa kendaraan. Hal ini disebabkan oleh sistem komputer yang ada dalam kendaraan, yang mampu mengatur berdasarkan sensor temperatur dan faktor-faktor lain yang diterimanya.

"Saat cuaca panas, sebenarnya tidak akan berpengaruh terhadap performa kendaraan karena sistem komputer kendaraan akan mengatur berdasarkan sensor temperatur dan lainnya yang diterimanya," ungkap Sapta kepada VOI, Rabu, 11 Oktober.

Meskipun cuaca panas bukanlah ancaman serius terhadap mesin kendaraan, penting untuk selalu memeriksa kondisi kendaraan Anda secara berkala. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi terjadinya panas berlebihan atau overheat.

Lebih lanjut, kondisi mesin kendaraan perlu diperiksa secara rutin untuk memastikan bahwa semua komponen berfungsi dengan baik dan tidak terdapat kerusakan pada sistem yang dapat menyebabkan kegagalan mesin saat berada di jalan raya.

"Kemarau yang panas, mesti diwaspadai jangan sampai mesin menjadi overheat, sehingga perlu memeriksa kondisi radiator, cairan pendingin radiator, dan motor fan radiator dalam kondisi yang baik," jelas Sapta.

Selain perawatan berkala, diimbau bagi pengguna kendaraan untuk melakukan pemeriksaan secara lebih mendalam setidaknya setiap 6 bulan sekali. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah performa mesin dan tingkat oli berkurang atau tidak, yang bisa menimbulkan kerusakan lebih serius jika tidak diatasi.

Jadi, meskipun cuaca panas mungkin membuat khawatir tentang kondisi kendaraan, ingatlah bahwa kendaraan modern dilengkapi dengan teknologi yang canggih untuk mengatasi berbagai situasi cuaca. Namun, perawatan berkala tetap diperlukan untuk memastikan kendaraan tetap dalam kondisi prima, terutama dalam musim kemarau yang panas ini. Sehingga dapat merasa lebih nyaman dan aman dalam perjalanan sehari-hari.