Bagikan:

YOGYAKARTA – Terdapat sejumlah indikator yang dapat digunakan untuk membedakan cobek asli dan palsu. Cobek yang terbuat dari batu asli dapat dikenali lewat warna, harga, hingga kerapatan pori batu.

Cobek batu merupakan peralatan masak tradisional yang cukup populer, digunakan untuk menghaluskan bumbu. Cobek batu dipilih lantaran menawarkan beberapa keungulan dibandingan dengan cobek yang terbuat dari semen. Salah satunya, cobek batu lebih awet dari cobek semen.

Sayangnya, tidak semua cobek batu di pasaran terbuat dari batu asli. Banyak yang palsu atau menggunakan bahan campuran yang kualitasnya jauh di bawah batu asli.

 Untuk itu, sangat penting mengetahui cara membedakan cobek batu asli dan palsu agar mendapatkan alat yang tahan lama dan aman digunakan.

Membedakan Cobek Batu Asli dan Palsu

Dihimpun dari berbagai sumber, setidaknya, ada lima hal yang dapat dijadikan sebagai indikator untuk membedakan cobek asli dan palsu, antara lain:

  1. Warna

Warna cobek dapat dijadikan sebagai indikator untuk membedakan cobek batu asli dan palsu. Di pasaran, ada banyak cobek palsu dari bahan semen yang dicat menyerupai cobek batu asli.

Cobek batu asli biasanya memiliki warna yang lebih alami, seperti abu-abu tua. Warna ini berasal dari batu alam yang tidak dicampur dengan bahan lain.

Sementara cobek palsu memiliki warna yang terlalu terang atau gelap, karena pembuatannya menggunakan tambahan zat pewarna.

  1. Harga

Harga juga bisa menjadi faktor pembeda antara cobek batu asli dan palsu. Cobek batu asli umumnya lebih mahal karena bahan dan proses pembuatannya yang lebih sulit.

Jika Anda menemukan cobek dengan harga yang terlalu murah, ada kemungkinan besar bahwa cobek tersebut bukan terbuat dari batu asli. Cobek palsu, terutama yang terbuat dari semen, biasanya dijual dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

  1. Bau cobek

Indikator yang berikutnya adalah bau cobek. Cobek yang terbuat dari batu asli memiliki bau yang sama seperti batu pada umumnya, tidak menyengat sehingga bagus digunakan untuk menghaluskan bumbu.

  1. Mengeluarkan gelembung saat direndam air

Untuk membedakan cobek batu asli dan palsu, Anda juga bisa merendamnya di dalam air. Cobek batu asli yang bagus akan mengeluarkan gelembung udara karena berpori.

  1. Tidak menimbulkan bekas saat digores

Cobek batu asli umumnya tidak akan menimbulkan bekas ketika digores dengan pisau, garpu, atau benda tajam lainnya.

Jika muncul bekas goresan, kemungkinkan besar cobek tersebut palsu. Hal ini karena cobek tersebut terbuat dari semen yang dilapisi cat. Alhasil, ketika terkena goresan, otomatis catnya akan terkelupas.

  1. Berat

Berat merupakan indikator lain yang penting dalam membedakan cobek batu asli dari yang palsu. Cobek batu asli memiliki berat yang cukup signifikan karena terbuat dari batu alam.

Sebagai contoh, cobek batu andesit ukuran sedang bisa mencapai 3-5 kilogram. Sementara itu, cobek palsu biasanya jauh lebih ringan karena menggunakan bahan campuran yang lebih murah dan tidak sepadat batu alam.

  1. Kerapatan pori batu

Cara membedakan cobek batu asli dan palsu yang berikutnya adalah mengecek kerapatan porinya.

Untuk melakukan langkah ini, usap bagian permukaan cobek dengan tangan Anda. cobek yang terbuat dari batu asli umumnya memiliki pori-pori yang besar, sehingga terasa lebih kasar saat diusap.

Jika permukaan cobek terasa halus dan lembut, Anda patut curiga bahwa cobek tersebut dibuat dari semen yang ditambahi zat pewarna.

Demikian informasi tentang indikator untuk membedakan cobek batu asli dan palsu. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan pembaca setia VOI.ID.