Cara Cek Jika iPhone Milik Anda Punya Komponen Palsu, Wajib Tahu Sebelum Beli Produk <i>Refurbished</i> atau Bekas
HP iPhone miliki pengaturan yang bisa mengetahui onderdil di dalamnya. (CNet)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tak sedikit di antara pengguna iPhone yang lebih memilih untuk beli produk bekas. Alasannya, harga yang lebih terjangkau, serta kualitas yang tidak terlalu jauh berbeda.

Memang, ada beberapa sisi menguntungkan dari membeli iPhone bekas. Tapi, lebih banyak resiko yang akan Anda hadapi. Misal, produk yang dibeli ternyata diisi dengan komponen palsu.

Bukan bermaksud menakuti. Tapi begitulah fakta di lapangan berbicara. Sudah banyak pembeli ponsel iPhone yang menyadaria aksi penipuan tersebut setelah menggunakan perangkat selama beberapa pekan.

Padahal, sebagaimana umumnya ponsel bekas, tak ada jaminan atau garansi yang bisa kita andalkan. Alhasil, konsumen dan pembeli pun begitu rentan terhadap tindak penipuan ini.

Agar Anda terhindar dari aksi penipuan yang makin sering terjadi ini, tim VOI sudah mengumpulkan cara cek iPhone yang memiliki komponen palsu. Tanpa panjang lebar, langsung simak uraian di bawah.

Cek Pemberitahuan di Pengaturan

Apple meluncurkan iOS 13 pada tahun 2019 lalu. Di dalamnya, Apple sudah menambahkan fitur yang bakal memberitahu pengguna jika produk miliknya didukung komponen palsu.

Pada iOS 14, pemberitahuan ini bahkan muncul pada pemberitahuan. Namun, jika Anda tidak bisa melihatnya, pemberitahuan serupa bisa temukan lewat Pengaturan.

Caranya hanya dengan membuka aplikasi Pengaturan, ketuk menu General, lalu ketuk menu About. Seandainya iPhone milik Anda diisi dengan komponen palsu, akan muncul pemberitahuan berbunyi “ Unable to verify this iPhone has a genuine Apple display”.

Sebagai catatan, pemberitahuan ini sayangnya belum bisa mendeteksi seluruh komponen perangkat. Hanya bagian kamera dan layar saja. Maka, untuk bagian lainnya, Anda perlu melakukan cara di bawah.



Buka Pengaturan Kesehatan Baterai

Bahkan pada baterai asli, daya tahannya dipastikan akan turun seiring berjalannya waktu. Apalagi jika baterai yang terpasang ternyata palsu, penurunan daya tahan bakal makin cepat.

Penurunan kapasitas dan daya tahan yang tidak normal ini bisa jadi tanda bahwa iPhone Anda menggunakan komponen palsu. Oleh karena itu, sebelum memutuskan beli iPhone refurbished, baiknya cek dulu kesehatan baterai.

Caranya cukup mudah. Buka aplikasi Pengaturan, ketuk menu Battery, lalu ketuk pilihan Battery Time. Sama seperti sebelumnya, Anda akan melihat pemberitahuan yang menyatakan bahwa baterai yang dipakai tidak asli.

Amati Indikator Kontak Cairan

Setiap generasi iPhone dibekali dengan sensor pelacakan air yang terletak di dalam slot kartu SIM. Seperti yang dijelaskan perusahaan lewat halaman Dukungan Apple, sensor ini berfungsi untuk menunjukkan apakah perangkat pernah bersentuuhan dengan air atau cairan lainnya.

Indikator ini bisa dilihat dari luar dan akan aktif jika terkena cairan. Umumnya, indikator ini berwarna perak atau putih. Lalu, saat terpapar air, warna akan berubah jadi merah seluruhnya.

Bagian ini yang paling mudah kita amati untuk menentukan iPhone palsu atau bukan. Pasalnya, sebagian besar iPhone palsu biasanya tidak dibekali Indikator Kontak Cairan. Sehingga, saat Anda ingin membeli iPhone bekas, jangan sampai lupa untuk mengamati bagian ini.