Apa itu <i>Refurbished</i>? Kenali Perbedaannya dengan Barang Rekondisi
Ilustrasi gadget refurbished (Irvan Meidianto/VOI)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Perangkat elektronik hasil refurbished menarik untuk dilirik, terlebih jika produk tersebut dikeluarkan oleh brand ternama. Label harga pada gadget baru jarang masuk akal, tetapi jika Anda terjun ke pasar smartphone refurbished, Anda bisa menemukan sejumlah gadget dengan harga yang murah. Lantas, apa itu refurbished?

Sebelum melangkah lebih jauh, calon pembeli perlu mengetahui bahwa produk refurbished berbeda dengan produk baru. Selain itu, penampakan fisik gadget atau gawai refurbished akan terlihat seperti barang baru karena telah melewati perbaikan dari konsumen.

Apa Itu Refurbished?

Refurbished adalah produk yang dikembalikan ke kondisi seperti baru karena mengalami kerusakan minim. Barang refurbished diperbaiki dengan tujuan untuk dijual kembali kepada konsumen. Jadi, produk refurbished bukanlah produk baru, dikutip VOI dari laman Dealnews, Jumat, 27 Januari 2023.

Produk refurbishded kerap disamakan dengan produk rekondisi. Padahal, ada perbedaan mendasar di antara keduanya.

Produk refurbished diperbaharui oleh pemegang brand resmi. Artinya, produk ini dimodifikasi oleh pihak internal. Barang refurbished bisa dilengkapi garansi, kendati tidak sama jangka waktunya dibandingkan dengan barang yang benar-benar baru.

Sementara produk rekondisi diperbaiki oleh pihak eksternal. Barang rekondisi juga memiliki garansi, hanya saja jangka waktunya lebih singkat ketimbang produk refurbished.

Selain itu, tidak ada jaminan bahwa produk rekondisi memiliki kualitas yang sama dengan produk refurbished atau dengan produk baru.

Perbedaan Refurbished Pabrik dan Distributor

Barang refurbished yang di jual di pasaran saat ini berasal dari dua sumber, yakni distributor dan pabrik. Apa yang membedakan keduanya?

Produk cacat yang diperbaiki oleh pabrik merupakan hasil perbaikan langsung oleh merek yang bersangkutan, sehingga produk tersebut tetap dibekali dengan garansi resmi.

Sementara barang refurbished distributor adalah hasil perbaikan dari pihak ketiga. Sehingga garansi yang melekat pada produk tersebut bukanlah garansi resmi, melainkan garansi dari distributor itu sendiri.

Tips Membeli Gawai Refurbished

Ilustrasi gawai refurbished
Ilustrasi gawai refurbished (Irvan Meidianto/VOI)

Jika Anda ingin membeli gawai refurbish, Anda harus melakukan riset tentang perangkat apa pun yang ingin Anda beli agar tidak tertipu dengan barang rekondisi.

Verifikasi apa yang akan Anda dapatkan dengan penjual sebelum Anda membeli. Cari masalah umum dengan membaca ulasan dan diskusi forum.

Berikut sejumlah tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli gawai refurbished atau gadget yang diperbaiki karena mengalami kerusakan minim.

  1. Kenali Gawai Refurbished

Sebelum membeli gadget refurbished, Anda perlu memahami pengertian gawai refurbish.

Pilihlah gawai refurbished yang diperbaiki langsung oleh perusahaan pengembang resminya, bukan distributor. Pasalnya, gadget refurbished yang diperbaiki oleh pabrik memiliki standar mutu yang baik dan tidak dibuat dengan asal-asalan.  

  1. Gali Informasi dengan Detail

Tips selanjutnya, cari informasi yang mendalam mengenai perangkat elektronik yang ingin Anda beli. Jangan sampai kamu salah memilih bahwa gawai tersebut adalah refurbished, padahal kenyataannya adalah gawai rekondisi.

  1. Beli di Toko Refurbished Terpercaya

Tingginya minat masyarakat terhadap gawai refurbished membuat penjualan gawai refurbished online ikut meningkat. Nah, supaya Anda tidak tertipu dengan barang rekondisi, belilah produk refurbished di toko yang sudah dipercaya dan sudah dilengkapi dengan garansi resmi.

Jika Anda membeli produk refurbished secara online, Anda bisa memilih opsi COD (cash on delivery). Supaya Anda bisa memeriksa produk tersebut terlebih dahulu.

  1. Cek Aksesoris Gadget Refurbished

Cek aksesoris gadget refurbished sebelum kamu memutuskan untuk membelinya. Gawai yang diperbaiki dan dirakit langsung oleh perusahaan pengembangnya, memiliki komponen asli dan berkualitas.  

Demikian informasi tentang produk refurbished dan perbedaanya dengan barang rekondisi. Apa itu refurbished? Refurbished adalah produk yang dikembalikan ke kondisi seperti baru karena mengalami kerusakan minim.