Perhatikan Seksama, Twitter Ganti Font Baru
Ilustrasi Font baru di Twitter. (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA - Ada sesuatu yang sedikit berbeda jika Anda membuka timeline di Twitter saat ini. Medeia sosial milik Elon Musk itu tampak mengubah jenis font (huruf) berbeda dari biasanya. Sepintas, bagi mereka yang tidak terlalu memperhatikan mungkin tak merasakan perubahan tersebut.

Perubahannya kecil ini, seperti Twitter tidak tiba-tiba beralih ke font serif atau semacamnya, biasa dilakukan oleh sebuah platform media sosial. Tetapi pencarian cepat di Twitter menunjukkan bahwa saya bukan satu-satunya yang memperhatikan perubahan itu, dan rekan kerja saya juga menyadarinya.

Tidak jelas mengapa Twitter mengubah font tersebut, dan mereka juga tidak segera membalas permintaan komentar dari berbeda media yang mempertanyakan arti perubahan itu. Apalagi Twitter saat ini tidak memiliki divisi humas, tempat media bisa bertanya secara langsung.

Twitter juga belum memposting apa pun di @TwitterSupport, di mana mereka biasanya membagikan banyak hal terkait pembaruan produk terbaru, termasuk jenis font yang kini tampak lebih eye catching dengan permainan tebal dan tipis.

Namun, beberapa orang berspekulasi bahwa Twitter mengubah font tersebut agar lebih mudah mengenali peniru. Molly White, penulis Web3 is Going Just Great seperti dilaporkan The Verge, memperhatikan bahwa nol memiliki garis miring, dan juga lebih mudah untuk mengetahui perbedaan antara huruf besar i dan huruf kecil L, artinya sekarang mungkin lebih sulit bagi aktor jahat yang terlihat sah menggunakan trik tersebut.

Namun perubahan  ini tak langsung berpengaruh di semua perangkat. Meski di web sudah muncul namun di aplikasi iOS font lama masih ada.

Perubahan font ini disambut berbagai reaksi. Beberapa menyebut jelek bahkan di Indonesia beberapa menyebutnya sebagai font yang “alay”.

Perubahan font twitter  sendiri bukan hal yang luar bisa. Pasalnya pada tahun 2021, Twitter juga sempat membuat perubahan font di platform tersebut.