Pemulihan Akun Donald Trump di Facebook Tak Akan Pengaruhi Pengiklan
Mantan Presiden AS, Donald Trump, akan kembali ke Facebook dan Instagram. (foto: twitter @realDonaldTrump)

Bagikan:

JAKARTA - Potensi kembalinya mantan Presiden AS, Donald Trump, ke Facebook dan Instagram milik Meta Platform Inc., sepertinya tidak akan mengubah cara pengiklan membelanjakan uang di perusahaan iklan digital terbesar kedua di dunia itu. Hal ini dikatakan  eksekutif biro iklan, menanggapi keputusan Meta mengembalikan akun Trump yang dicekal sejak 2021.

Namun ini adalah kabar baik bagi Meta yang sahamnya telah berkurang setengahnya selama setahun terakhir di tengah perlambatan belanja iklan karena banyak merek memangkas anggaran pemasaran mereka sebagai respons terhadap inflasi historis.

Dalam sebuah posting blog pada  Rabu, 25 Januari, saat mengumumkan pemulihan akun Trump, Meta mengatakan bahwa Trump akan menghadapi "hukuman yang lebih tinggi untuk pelanggaran berulang."  Facebook, melarang Trump dua tahun lalu setelah dia memuji para perusuh yang menyerbu Gedung Capitol AS pada 6 Januari 2021.

Sementara pertimbangan Meta yang diawasi dengan ketat tentang apakah akan mengembalikan akun Trump akan membuat polarisasi, namun pembeli iklan mengatakan jangkauan luas platform yang memiliki pengguna sebanyak 3,7 miliar itu terlalu penting bagi banyak bisnis.

"Polarisasi karakter ada di semua platform. Ini adalah poin yang diperdebatkan ketika merek perlu mendorong penjualan dan pendaftaran," kata Darren D'Altorio, kepala sosial di biro iklan Wpromote yang bekerja dengan merek seperti Whirlpool dan TransUnion, dikutip Reuters.

Menurut D'Altorio pemulihan akun Trump,  memperkuat kekhawatiran lama tentang bagaimana platform media sosial dapat memastikan bahwa iklan mereka tidak muncul di samping konten yang dianggap pemasar tidak sesuai.

Kelompok hak sipil termasuk NAACP dan GLAAD mengecam keputusan Meta pada Rabu lalu.

Pada Juli 2020, ribuan pengiklan memboikot Facebook sebagai bagian dari kampanye hak untuk menekan platform tersebut agar berbuat lebih banyak untuk mencegah ujaran kebencian, tetapi boikot tersebut hanya berdampak kecil pada pendapatan perusahaan.

“Pengaruh Trump telah berkurang sejak meninggalkan jabatannya, dan mungkin menjadi salah satu alasan mengapa klien tidak bertanya tentang dampak kepulangannya ke Facebook pada iklan mereka,” kata Erica Patrick, wakil presiden senior media sosial berbayar di Mediahub IPG, yang memiliki kontrak  dengan Netflix  dan Western Union.

Pada bulan November, pemilik baru Twitter, Elon Musk, juga  mencabut larangan permanen platform itu terhadap akun Trump.

Banyak pengiklan top Twitter menghentikan pengeluaran mereka setelah Musk mengambil alih Twitter dan dengan cepat memecat ribuan karyawan dan mengawasi fitur verifikasi yang gagal yang memungkinkan penipu menyamar sebagai perusahaan publik.

Menurut Standard Media Index, pengeluaran iklan di Twitter merosot dalam dua bulan terakhir tahun 2022,  yang mengukur pengeluaran iklan berdasarkan data dari biro iklan.

Yvonne Williams, wakil presiden media di Code3, yang menghitung Tiffany & Co di antara kliennya, mengatakan merek akan mengawasi dengan cermat untuk melihat bagaimana Meta akan "memantau (Trump) dan mematuhi aturan yang mereka miliki."