Google Luncurkan <i>Flutter News Toolkit</i>, Template Aplikasi untuk Kantor Berita
Flutter News Toolkit adalah template untuk membuat aplikasi berita (foto: Flutter)

Bagikan:

JAKARTA - Setelah bermitra erat dengan Google News Initiative (GNI), Flutter, aplikasi mobile sumber terbuka yang diciptakan oleh Google meluncurkan Flutter News Toolkit, template aplikasi gratis untuk mempercepat pengembangan aplikasi berita, secara luas. 

Dalam sebuah pernyataan yang dibagikan, Flutter mengungkapkan alasan di balik pembuatan Flutter News Toolkit ini adalah karena semakin banyak orang yang kini beralih ke smartphone untuk membaca berita. 

"Selain situs web seluler, aplikasi seluler dapat menjadi cara yang bagus bagi penerbit berita untuk terlibat dengan pembaca yang sudah ada, menjangkau pemirsa baru, dan menciptakan aliran pendapatan baru," tulis Senior Product Manager untuk Flutter, Google.

Namun, menurut Flutter membuat aplikasi seluler membutuhkan waktu dan upaya yang cukup sulit untuk merancang, mengimplementasikan, dan menerapkannya secara nyata. 

Sedangkan bagi penerbit berita yang memiliki sumber daya keuangan dan manusia yang terbatas, membangun aplikasi dari nol adalah pekerjaan besar. 

"Di Google, kami ingin membantu developer agar sukses dan produktif, jadi kami berinvestasi dalam perangkat yang menawarkan semua fungsi umum yang dibutuhkan penerbit berita, sehingga mereka dapat berfokus untuk membedakan merek dan konten mereka tanpa menulis kode boilerplate," ujarnya. 

Lebih dari itu, kolaborasi Google dengan pakar industri dan penerbit berita secara global juga mengantarkan Flutter untuk menghadirkan fitur-fitur yang dibutuhkan oleh penerbit berita, diantaranya adalah:

  • Orientasi pengguna: penerbit akan mendapatkan kemampuan untuk mengirimkan notifikasi push ke pengguna untuk menarik audiens, serta memperoleh izin pelacakan iklan
  • Pembuatan/login akun: pengguna dapat membuat akun melalui melalui platform jejaring sosial pengguna (seperti login Google) tanpa kata sandi
  • Umpan konten dan halaman konten: di sini, Anda dapat menampilkan artikel berita, video, gambar, iklan, dan petunjuk pendaftaran buletin
  • Monetisasi: Google juga menyediakan alat monetisasi yang mudah, dengan menambahkan langganan dan berbagai format iklan
  • Cari: fitur ini memungkinkan pengguna mencari artikel dengan kata kunci atau klik ke pencarian populer
  • Pengaturan: izinkan preferensi pengguna untuk notifikasi, login, dan pelacakan iklan

Anda dapat menggunakan fitur pra-integrasi ini secara langsung, atau dengan mudah memodifikasi dan menukarnya dengan fungsi lain yang Anda sukai.