Kota Ini Mempunyai Akses Internet Paling <i>Ngebut</i> di Indonesia, Jakarta Nomor 3
Ilustrasi speedtest internet

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah laporan mengumumkan bahwa kota yang memiliki akses internet paling ngebut di Indonesia bukanlah ibu kota Jakarta. Ternyata kota pemilik layanan internet tercepat itu adalah kota Tangerang.

Hal itu berdasarkan laporan dari Speedtest, lembaga yang meneliti tingkat kecepatan koneksi internet dari berbagai negara dunia. Diketahui Tangerang merupakan kota yang memiliki akses internet paling cepat di Indonesia.

Untuk posisi kedua ditempati oleh Makassar. Sedangkan Jakarta harus menghuni posisi ketiga di bawah Tangerang dan Makassar.

Tangerang memiliki kecepatan download rata-rata mencapai 18,97 mbps. Hal ini dibarengi dengan kecepatan upload yang mampu mencapai 12,28 mbps.  

Sedangkan Jakarta, kecepatan download-nya mencapai 17,91 mbps dan kecepatan upload rata-rata 10,81 mbps.

Provider Internet Tercepat di Indonesia

Speedtest juga melaporkan provider tercepat di Indonesia. Telkomsel menduduki pemuncak klasemen sebagai provider yang memiliki akses internet berkecepatan tinggi menyentuh angka 22,22. Di bawah Telkomsel ada IM3 Ooredoo, kemudian disusul XL, Smartfren dan 3.

Sedangkan untuk penyedia layanan 4G diduduki oleh IM3 Ooredoo yang menyediakan layanan 4G sebesar 95,5 persen. Telkomsel hanya bisa menyediakan jaringan 4G sebesar 92,4 persen. Dalam ketersedian 4G ini, Telkomsel berada di posisi keempat.

Sementara itu, tingkat kestabilan jaringan internet dikuasai oleh Telkomsel yang konsisten di angka 83,5 persen. Di posisi kedua ada IM3 Ooredoo yang memiliki tingkat konsistensi sebesar 77,7 persen. Capaian tersebut masih tertinggal jauh dari Telkomsel.

Negara dengan Internet Tercepat di Dunia

Pada laporan bulan Desember 2020 tersebut, Speedtest juga mengabarkan bahwa akses internet mobile yang paling ngebut di dunia dimenangkan oleh Qatar. Negara di Timur Tengah itu memiliki kecepatan unduh sebesar 178,01 mbps.

Untuk Indonesia sendiri, hanya menempati posisi ke-121 dengan kecepatan untuh 17,26 mbps. Posisi ini turun dari tahun sebelumnya yang menempati posisi 117 dunia.

Qatar penyedia akses internet tercepat di dunia (Speedtest)