Jaringan 5G di Kota Mana Saja, Sudah Bisa Diakses di 9 Daerah
Ilustrasi jaringan 5G (foto: Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jaringan 5G sudah resmi masuk ke Indonesia sejak pertengah 2021.  Saat ini sudah ada beberapa operator seluler yang menyediakan layanan komersial 5G, seperti PT Telkomsel dan PT Indosat Tbk. Lantas jaringan 5G di mana saja penyebarannya?

5G adalah jaringan seluler generasi ke lima atau generasi terbaru setelah 4G. Pemerintah Indonesia terus mengembangkan ketersediaan jaringan 5G di seluruh daerah. Jaringan 5G mampu menunjang kemajuan berbagai sektor industri dan membentuk ekosistem digital di tanah air. 

Jaringan 5G di Kota Mana?

Belum semua daerah di Indonesia sudah didukung dengan layanan 5G. Hingga akhir 2021, jaringan 5G baru bisa diakses di 9 kota, sebagai berikut.

  1. Jabodetabek
  2. Bandung
  3. Batam
  4. Balikpapan
  5. Makassar
  6. Surakarta
  7. Surabaya
  8. Denpasar
  9. Medan

Pemerintah Indonesia tengah memprioritaskan pengembangan jaringan 5G di seluruh ibukota provinsi di Pulau Jawa dan lima destinasi wisata super prioritas, yaitu Labuah Bajo, Mandalika, Borobudur, Likupang, dan Danau Toba. Program ini tercantum dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No 2 Tahun 2021.

Pemerintah menargetkan seluruh wilayah di Indonesia bisa menikmati jaringan 5G pada 2023. Selain itu, pemerintah juga berencana mengembangkan jaringan 5G di lokasi industri manufaktur dan ibukota negara baru (IKN) pada tahun 2024. 

Kelebihan Jaringan 5G

Jaringan 5G mempunyai berbagai keunggulan dibandingkan jaringan seluler generasi sebelumnya. Dengan demikian jaringan 5G akan memudahkan penggunanya dalam berbagai kebutuhan di beragam sektor kehidupan. 

Internet Lebih Cepat

Jaringan 5G mempunyai kecepatan internet sekitar 10 Gbps atau 10 kali lebih cepat dibandingkan 4G LTE.  Kecepatannya yang tinggi akan memudahkan pengguna dalam mengakses internet dan kebutuhan digital lainnya seperti streaming film, menggunggah file, dan sebagainya. 

Kapasitas Lebih Besar

Keunggulan lain dari jaringan 5G yakni memiliki kapasitas yang besar. Kapsitas dan ruang pada jaringan 5G jauh lebih besar dibanding jaringan 4G. Dengan demikian kecepatan internet jaringan 5G tidak akan menurun ketika diakses oleh banyak perangkat. 

Berbeda dengan jaringan 4G yang memiliki kapasitas lebih kecil dari 5G. Ketika diakses oleh banyak perangkat, jaringan 4G akan mengalami trouble atau kecepatan akses internet menurun. 

Latensi Rendah

Dalan jaringan internet, terdapat proses transfer data dari penyedia ke penerima. Latensi berfungsi mengukur berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses tersebut.

Latensi pada jaringan 5G lebih rendah dibanding 4G. Proses transmisi data ulang-alik pada jaringan 5G berjalan sangat cepat kurang dari lima milidetik. Dengan keunggulan kecepatan akses dan latensi rendah, jaringan 5G sangat mendukung penggunaan aplikasi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR).

Jangkauan Jaringan Lebih Luas

Kelebihan lain dari jaringan 5G adalah cakupan jaringannya yang lebih luas dibanding 4G. Jaringan 5G dapat diakses dengan jarak yang lebih jauh sehingga semakin memudahkan penggunanya dalam mengaksesnya. Keunggulan ini menjadi solusi bagi masalah keterbatasan jaringan seperti pada jaringan 4G. 

Itulah daftar penyebaran jaringan 5G di kota-kota di Indonesia. Untuk saat ini masyarakat Indonesia harus bersabar karena jaringan 5G belum tersedia di semua kota. Namun pemerintah Indonesia menargetkan akses 5G di seluruh daerah pada 2023. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.