Jaringan 5G Telkomsel Bakal Hadir di Solo, Balikpapan dan Medan
Pemanfaatan layanan 5G (dok. Telkomsel)

Bagikan:

JAKARTA - Tak hanya di Jakarta, Telkomsel akan menguji jaringan 5G di tiga kota besar lainnya, seperti Balikapapn, Medan dan Solo. Nantinya secara bertahap layanan internet generasi ke lima ini akan diperluas ke seluruh Indonesia. 

"Hadirnya jaringan 5G di tiga kota ini merupakan awal dari upaya berkelanjutan yang dilakukan secara terukur, dengan harapan kedepannya dapat mengakselerasi pengalaman gaya hidup digital masyarakat," ungkap Direktur Utama Telkomsel, Hendri Mulya Syam.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny  G Plate, mengatakan jaringan 5G akan menjadi fondasi digital yang kuat untuk layanan internet di tanah air.

"Pemerintah bersama dengan operator telekomunikasi akan melaksanakan simultan operation, yakni coexist antara 4G dan 5G, di mana ke depannya 5G akan dikembangkan secara gradual sesuai kematangan ekosistem, khususnya di wilayah kota-kota perintis, yakni Surakarta dan 7 kota lainnya," ujar Johnny.

Pada fase awal peluncuran, layanan Telkomsel 5G di ketiga kota tersebut tersedia di beberapa wilayah yang cakupannya akan terus diperluas secara bertahap. Untuk kota Medan, wilayah cakupan Telkomsel 5G meliputi area GraPARI Telkom Group Medan, area residensial BHR Residence (Bukit Hijau Regency), Taman Setia Budi Indah (Tasbih 1) dan Perumahan Dinas Pemerintahan di Jalan Jenderal Sudirman.

Di Surakarta, cakupan jaringan Telkomsel 5G meliputi area Balai Kota Surakarta dan GraPARI Surakarta. Sedangkan di kota Balikpapan, jaringan Telkomsel 5G sudah dapat dinikmati di GraPARI Balikpapan.

Selain itu, kedepannya dapat dimanfaatkan oleh segmen pelanggan umum dalam mendukung aktivitas keseharian, seperti seperti Cloud Gaming, VR, 5G Roaming, dan 5G FWA (Fixed Wireless Access).

Pada momen peluncuran di kota Surakarta, bertempat di Balaikota Surakarta, Telkomsel juga menghadirkan demo pemanfaatan akses jaringan 5G untuk layanan digital masa depan yang dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan transformasi operasional instansi pemerintah, terutama pemerintah daerah.

BACA JUGA:


- https://voi.id/teknologi/54547/telkomsel-resmi-luncurkan-jaringan-5g-pertama-di-indonesia

- https://voi.id/teknologi/55996/indonesia-baru-hadirkan-5g-china-sudah-kuasai-teknologi-6g

- https://voi.id/teknologi/55429/huawei-bangkit-siap-duel-dengan-google-android-dan-apple-ios

- https://voi.id/teknologi/55013/syarat-dan-ketentuan-ponsel-kamu-bisa-mencicipi-jaringan-5g-telkomsel

- https://voi.id/teknologi/54973/menkominfo-johnny-g-plate-yakin-jaringan-5g-bermanfaat-untuk-ekonomi-indonesia

BACA JUGA:


Misalnya saja seperti teknologi Virtual Tourism yang didukung VR Immersive Experience, High Speed Office Connectivity yang didukung layanan 5G FWA dari perangkat Telkomsel ORBIT 5G, Interactive Public Services untuk pemanfaatan fitur video call di layanan Pajak kota Surakarta yang didukung teknologi nGage Video, dan Health and Safety Detection  yang menggunakan keunggulan fitur Video Analytic.

Diketahui, untuk perangkat yang mendukung layanan Telkomsel 5G adalah perangkat dengan kemampuan teknologi 5G NSA (non-standalone) pada frekuensi 2300 MHz, di antaranya yaitu Oppo Reno5 5G, Huawei Mate 40, Vivo X60 dan Vivo X60 Pro.

Pada tahap awal ini, pelanggan perlu melakukan proses penyesuaian di perangkat lunak/software smartphone agar smartphone tersebut dapat terhubung dengan layanan Telkomsel 5G, yang mana prosedurnya akan disediakan oleh masing-masing produsen smartphone.

Bagi Anda yang ingin menikmati layanan Telkomsel 5G, terlebih dahulu harus memastikan beberapa hal berikut:

1. Menggunakan kartu bertipe uSIM (kartu SIM 4G)

2. Berada di lokasi yang sudah terlayani jaringan Telkomsel 5G

3. Menggunakan perangkat smartphone yang telah mendukung jaringan dan layanan Telkomsel 5G, serta memastikan fitur 5G sudah aktif pada perangkat tersebut

4. Memastikan nomor ponselnya telah aktif fitur 5G 

5. Untuk saat ini nomor ponsel sejumlah pelanggan telah diaktifkan fitur 5G secara langsung (bertambah secara bertahap). Pelanggan juga dapat mengunjungi telkomsel.com/5G dan mengisi form registrasi dan memberikan aspirasi sebagai bahan pertimbangan pengembangan jaringan Telkomsel 5G.